Langsung ke konten utama

Bincang - bincang Eksklusif Bersama Ailen Setyasari

Artikel ini merupakan kelanjutan dari seri wawancara yang saya lakukan terhadap sejumpalh tokoh atau pekerja pariwisata di Indonesia. Sebelumnya kita juga melakukan hal yang sama kepada Teguh Sudarisman, seorang travel article & photographer. Simak hasil wawancara eksklusif saya dengan beliau di postingan ini "Bincang - bincang Eksklusif Bersama Teguh Sudarisman"

Nah kali ini saya berkesempatan mewawancarai salah seorang pekerja di bidang pariwisata tepatnya di industri maskapai penerbangan. Namanya Ailen Setyasari yang akrab disapa Ellen ini. Beliau bekerja di salah satu Airline asing, yaitu Valuair & Jetstar, namun bulan oktober lalu beliau resign, mungkin karena merawat sang buah hati yang baru saja terlahir kedunia ini :). Selamat ya buu.. Memang sih tidak banyak orang kenal dengan dirinya, namun bagi saya beliau adalah sesosok wanita yang pantang menyerah dan satu lagi yang terpenting beliau tegas dan lumayan galak hehehe. 

Saya baru sekitar satu bulanan kenal dan akrab dengan Ka Ailen, panggilan saya terhadap beliau. Tapi saya bisa melihat perjuangan Sang Ibu dalam merawat dan membesarkan anaknya itu. Saya ingat sekali ketika baru datang ke kantor beliau pasti selalu menelpon Ibunya dan menanyakan atau mengajak si anak berbicara.
Okeh langsung saja berikut wawancara saya dengan Ailen Setyasari:
T: Tanya
J: Jawab

T: Haloo apa kabar ? mudah-mudahan baik. Mari kita berbincang – bincang sedikit.
J: Kabar baik

T: Bagaimana pendapat anda tentang pariwisata Indonesia saat ini?
J: Sangat memprihatinkan....

T: Apakah Indonesia memiliki prospek yang cerah untuk bersaing dikancah internasional dalam hal pariwisata? 
J: Sangat memiliki

T: Mungkin diantara kebanyakan orang hanya mengenal ODTW-ODTW yang terkenal saja belum yang terpencil, Menurut anda apa yang membuat seorang lebih suka mengunjungi ke tempat yang cukup familiar dibandingkan ke tempat yang belum pernah ia kunjungi yang sebenarnya sama bagusnya bahkan lebih bagus?
J: Karna tempat yg familiar membuat orang penasaran ingin tahu...Karena brosure dan iklannya banyak terpampang dimana - mana juga objek yang dilihat sudah tertata bagus dengan fasilitas wisata yang mendukung sehingga membuat banyak wisatawan yang datang untuk menikmatinya. Sedangkan tempat terpencil, orang - orang jarang yangg tau, jarak tempuh yg masih susah untuk dilalui dan khususnya indonesia masih banyak hal - hal tabu yg harus diikuti terutama di daerah terpencil, belum lagi penginapan atau fasilitas wisata yabg belum memadai membuat wisatawan enggan datang.

T: Untuk itu apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan daerah terpencil yang masih belum terjamah oleh mata manusia padahal memiliki potensi yang sangat besar?
J: Dengan menghilangkan hal - hal yang tabu terlebih dahulu, lalu membuat fasilitas wisata yg layak dan memperkenalkan daerah wisata tersebut terhadap wisatawan. Juga memberi bimbingan terhadap warga sekitar tentang menariknya objek yg di miliki daerah tersebut. Agar warga sekitar bisa bersikap ramah juga mendapat mata pencaharian dari datangwa wisatawan ke tempat objek wisata daerah tersebut. Dan memperkenalkan objek wisata tersebut kepada wisatawan dalam maupun luar negeri baik dari pemerintah maupun kalangan swasta.
T: Apakah anda memiliki atau mungkin sedang mempertimbangkan proyek atau inovasi baru yang secara khusus ditujukan untuk memajukan wisata yang ada di daerah terpencil tersebut?
J: Ya

T: Menurut Anda wilayah mana yang paling berpotensi untuk dikembangkan ke tingkat lebih lanjut dan apa yang harus dilakukan oleh masyarakat sekitar apabila sudah memiliki sarana serta prasarana yang baik? 
J: Objek wisata gunung salak. Apabila sarana & prasarana di objek tersebut sudah bagus sebaiknya masyarakat sekitar harus saling menjaga agaplah seperti punya sendiri, dari segi kebersihan tata lingkungan dll. Karena walau bagaimanapun itu bisa menjadi mata pencaharian mereka sekaligus sumber devisa negara. 

T: Apa yang membuat anda merasa spesial dari wilayah pilihan anda?
J: Karena objek wisata alam d gunung salak sangat banyak dan memiliki potensi yg sangat bagus.

T: Seberapa pentingkah peranan masyarakat terhadap wilayah disekitar mereka? 
J: Masyarakat sekitar tidak begitu care karena minimnya pendidikan

T: Saya lihat negara-negara tetangga kita seperti Singapore, Thailand dan Australia berkembang pesat dengan pariwisatanya. Menurut anda apa yang membuat mereka bisa menjadi sukses seperti itu?
J: Politik negara yang tidak begitu mengecam, terorisme, korupsi. Antusiasme masyarakat dan pemerintah terhadap lingkungan dan kesenian daerah. Kerapihan tata daerah, fasilitas umum yg memadai.

T: Dalam catatan saya, Indonesia berada di wilayah coral golden triangle dan Indonesia menjadi jantung dari segitiga emas tersebut. Tapi kenapa Indonesia masih belum maksimal menggarap potensi tersebut?
J: Karena dari pemerintah dan masyarakatnya yg tidak bisa mematuhi peraturan yg telah d buat sendiri menjadikan negara yg kacau, jg pemerintahan yg kurang tegas. karena itu kunci utamanya.

T: Ini mungkin terdengar tidak asing lagi, banyak masyarakat di wilayah tersebut mengeluh akan fasilitas yang belum terpelihara dan tersedia dengan baik. Dalam hal ini kita bicara ke pemerintah. Menurut Anda bagaimana pemerintah dan masyarakat terjalin hubungan yang harmonis antara Pemerintah dan Masyarakat guna membuat pariwisata Indonesia lebih baik lagi?
J: Amat sangat sulit karena org indonesia sangat mudah d perdaya dan d pengaruhi. dan sistem kekuasaan pemerintah yg menjadikan indonesia tidak seharmonis masa jamannya soeharto.

T: Kasih saran dong untuk seluruh elemen masyarakat atau pemerintah?
J: Harus dikaji ulang lagi mengenai pemerintahan Indonesia katanya mau jadi negara yang freedom tapi segala sesuatunya masih di batasi, percuma. Lebih baik menjadi negara yang penuh aturan saja seperti orde lama toh aman negara masyarakat pun ikut tentram. Dimana - mana negara yang tentram masyarakat jadi nyaman dan tentram. Perekonomian dan ketata daerahan pun teratur.

T: Yang terakhir, Pasti tau dong Pulau Komodo dan juga pasti tau ada pemilihan new7wonders dan Pulau Komodo mewakili Indonesia masuk ke putaran final. Sudahkah Anda memvote Pulau yang satu ini hhe?
J: Sudah
 

T: Oke terima kasih ya atas jawabannya yang sungguh menarik. Tetap berjuang dan fokus apa yang ingin dikerjakan !!
J: Tq..

Menjadikan masyarakat sadar akan kelebihan daerahnya yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian warga setempat. Itulah barangkali yang bisa kita petik dari wawancara kali ini. Nantikan wawancara dengan tokoh - tokoh lainnya. :)
Foto: Facebook pribadi Ailen Setyasari


Komentar

Postingan populer dari blog ini

30 Karya Fotografi Siluet Yang Keren

Dalam fotografi , siluet   didefinisikan   sebagai garis   yang muncul dan berwarna  gelap   dengan latar belakang   cahaya.   Ini menghasilkan  sebuah  hasil yang sangat   mengesankan dan   akan dianggap   sebagai pilihan terbaik  ketika   seniman   ingin   menyampaikan   drama, dan   emosi dalam  foto-fotonya .   Bagian belakang - pencahayaan   dari   segala  bayangan   matahari   ke arah kamu   dan menghasilkan   efek ini. Strategi dasar   Anda harus   mempekerjakan dalam   mengambil gambar   siluet   adalah untuk menempatkan   subjek di   depan beberapa   sumber   cahaya dan   kamera   untuk mendorong   Anda untuk membuat   pandangannya   yang didasarkan   pada bagian  terang dari   gambar Anda. Berikut ini kami tampilkan koleksi karya-karya terhebat yang menjelaskan konsep tentang siluet. Silakan dinikmati atau mungkin bisa kamu donlod dan dijadikan wallpaper dekstop kamu hehe.

10 Seniman Dengan Bayaran Tertinggi 2010

Apa yang diperlukan untuk menjadi salah satu musisi dengan bayaran tertinggi di tahun 2010? yupp !! sebuah konsistensi karir mereka, hampir setengah dari seniman yang ada dalam daftar berikut adalah musisi - musisi yang telah lama berkiprah di dunia seni dan kembali muncul kepermukaan bersaing dengan para pendatang baru. Sebuah pertunjukkan seni bisa dikatakan sukses atau berhasil itu tergantung dari siapa yang perform di acara itu. Berikut 10 seniman dengan bayaran tertinggi di tahun 2010. 10. Black Eyed Peas $48 million Sejak terjun ke dunia seni di awal tahun 2000-an, Black Eyed Peas telah di undang dimana - mana dari acara Super Bowl pre-game sampai ke diskusi politik di CNN. Sebuah tur keliling dunia dimulai dari swiss ke meksiko  dengan meraup sekitar $ 800,000 dalam semalam.  9. Kenny Chesney $50 million Chesney kembali melanjutkan karirnya dalam industri musik Country dengan melakukan berbagai kegiatan tur. Pada tahun 2009 lalu Chesney mendapatkan $ 71 juta dan sekitar $

Mobil Kepresidenan RI yang Pertama

Setiap kepala Negara memiliki mobil kepresidenan sebagai kendaraan dinas sehari-hari. Zaman Presiden Soekarno, Indonesia juga telah memiliki sejumlah mobil kepresidenan. Mobil-mobil itu sekarang disimpan dalam Museum Gedung Joeang ’45, Jakarta. Kendaraan dinas Presiden dan Wakil Presiden Ri yang pertama adalah mobil Buick-8 dan DeSoto. Mobil Buick-8 digunakan oleh Presiden Soekarno pada masa selepas proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kendaraan berpelat nomor Rep-1 ini banyak berjasa karena turut mendukung Presiden Soekarno dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dalam periode 1945-1949. Cerita tentang bagaimana Buick-8 ini menjadi mobil kepresidenan cukup unik. Pada tahun 1945, Ketua Barisan Banteng, Sudiro, menemukannya dibelakang kantor Departemen Perhubungan yang digunakan Jepang. Gedung ini sekarang menjadi kantor Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di Jalan Merdeka Timur, Jakarta. Sudiro paham, Buick-8 bukanlah mobil sembarangan. Ia lantas membujuk supirnya untu