Selasa, 22 Mei 2012

Home » » Beasiswa D2, D3, dan S1 ke Jepang 2013/2014

Beasiswa D2, D3, dan S1 ke Jepang 2013/2014

Posted by Ahmad Fajar on 21.25 13 komentar


Akhirnya beasiswa D2, D3, dan S1 untuk tahun ajaran 2013/2014 kembali dibuka juga. Akhir-akhir ini, kita paling sering mendapat pertanyaan seputar beasiswa ke Jepang ini, apakah tahun ini kembali dibuka, apakah rutin diadakan setiap tahunnya, dll.
Sempat bikin kita ketar-ketir juga, soalnya tanggal pembukaan beasiswa ini sedikit mundur dari tahun kemarin. Padahal program yang rutin diadakan oleh Pemerintah Jepang setiap tahunnya ini merupakan beasiswa favorit teman-teman, terlihat dari banyaknya jumlah pertanyaan setiap kali ada informasi seputar beasiswa ini.
Persyaratan Umum
  • Lahir antara 2 April 1991 dan 1 April 1996
  • Lulus SMA dengan nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir minimal:
    • 8,4 untuk jenjang S1
    • 8,2 untuk jenjang D3
    • 8,0 untuk jenjang D2
Program Studi Pilihan
  • D2 mana masa belajar adalah 2 tahun (termasuk belajar bahasa Jepang selama 1 tahun).
  • Civil Engineering and Architecture; Electrical and Electronic Engineering; Wireless Communication; Computer; Information Processing; Nourishment; Cooking; Nursery Teacher Training; Nursing Welfare; Social Welfare; Management; Travel; Bussiness; Harmony Dressmaking; Music; Art; Design; Photograph; dll
  • D3 di mana masa belajar adalah 4 tahun (termasuk belajar bahasa Jepang selama 1 tahun).
  • Kimia : Jurusan yang terkait pada bidang kimia seperti “Materials Engineering” dll.
    Fisika : Jurusan lain seperti “Mechanical Engineering”, “Electrical and Electronic Engineering”, “Information, Communication, and Network Engineering”, “Architecture and Civil Engineering”, Maritime Engineering” dll.
  • S1 di mana masa belajar adalah 5 tahun (termasuk belajar bahasa Jepang selama 1 tahun). Khusus untuk jurusan kedokteran umum, gigi, hewan, dan farmasi masa studi bisa mencapai 7 tahun
  • IPS : Laws, Politics, Pedagogy, Sociology, Literature, History, Japanese language, Economics, Business Administration, and others.
    IPA-a : Science (Mathematics, Physics, Chemistry); Electric and Electronic Studies (Electronics, Electrical Engineering, Information Engineering); Mechanical Studies (Mechanical Engineering, Naval Architecture); Civil Engineering and Architecture (Civil Engineering, Architecture, Environmental Engineering); Chemical Studies (Applied Chemistry, Chemical Engineering, Industrial Chemistry, Textile Engineering); and other fields (Metallurgical Engineering, Mining Engineering, Maritime Engineering, Biotechnology)
    IPA-b : Agricultural Studies (Agriculture, Agricultural Chemistry, Agricultural Engineering, Animal Science, Veterinary Medicine, Forestry, Food Science, Fisheries); Hygienic Studies (Pharmacy, Hygienics, Nursing); Science (Biology)
    IPA-c : Medicine; Dentistry
Cakupan Beasiswa
Beasiswa yang diberikan meliputi:
  • Uang pendaftaran dan ujian masuk universitas
  • Biaya kuliah
  • Tiket ekonomi Jakarta – Jepang (pulang pergi)
  • Tunjangan per bulan 117.000 yen untuk tahun 2012. Untuk tunjangan tahun 2013 ada kemungkinan terjadi perubahan nominal
  • Tidak ada ikatan dinas
Tahapan Pendaftaran
  • Mengisi formulir sesuai program yang diingikan. Teman-teman hanya boleh mendaftar pada 1 program, apakah D2, D3 atau S1. Silakan download formulir D2formulir D3formulir S1 (langsung klik linknya saja).
  • Kirimkan formulir, fotokopi ijazah,  fotokopi nilai ijazah, fotokopi rapor kelas 3 semester 2 (jika belum ada bisa minta surat keterangan dari sekolah) ke alamat yang ada di bagian bawah artikel.
  • Bagi kandidat yang lolos seleksi dokumen, akan dipanggil untuk mengikuti tes tertulis pada bulan Juli. Soal ujian menggunakan bahasa Inggris.
    • D2: Bahasa Inggris dan Matematika
    • D3: Matematika dan Fisika/Kimia
    • S1: Bahasa Inggris dan Matematika (IPS), Bahasa Inggris, Matematika, Kimia dan Fisika (IPA-a), Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Biologi (IPA-b,c)
    • Bagi kandidat yang lolos tes tertulis, akan dipanggil untuk mengikuti wawancara di Jakarta pada bulan Agustus. Wawancara diadakan dalam bahasa Indonesia
    • Bagi kandidat yang lolos wawancara, akan direkomendasikan ke Monbukagakusho
    • Pengumuman penerima beasiswa akan ditetapkan pada bulan Januari 2013.
Deadline
Semua dokumen yang dibutuhkan terkait beasiswa ke Jepang ini harus sudah diterima paling lambat 15 Juni 2012 (bukan cap pos), jadi sebaiknya begitu dokumen-dokumennya sudah lengkap, teman-teman bisa langsung mengirimkan aplikasinya ke salah satu alamat berikut:
  • Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
    Jl. M.H.Thamrin 24 Jakarta 10350 Telp. 021 – 319 24308 ps. 175, 176, dan 178
  • Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya
    Jl. Sumatera No. 93, Surabaya Telp. 031 – 503 0008
  • Konsulat Jenderal Jepang di Medan
    Wisma BII Lt. 5, Jl. P. Diponegoro No. 18, Medan Telp. 061 – 457 5193
  • Kantor Konsuler Jepang di Makassar
    Jl. Jend. Sudirman No. 31, Makassar Telp. 0411 – 871 030
Lain-lain
Penerima beasiswa ketika lulus S1 bisa melanjutkan studi S2, ketika lulus D2 atau D3 bisa melanjutkan ke S1 sebagai mahasiswa tahun ketiga. Untuk memperoleh beasiswa akan dipertimbangkan berdasarkan prestasi dan hasil seleksi. Perpanjang beasiswa maksimal 2 tahun.
PS: Seperti biasa, kalau teman-teman ada pertanyaan silakan tinggalkan di komentar, nanti kita akan menjawab secara bersamaan di dalam artikel terpisah. Mohon pengertian dari teman-teman kalau kita tidak bisa membalas satu per satu ya :)


13 Responses so far:

Odniel Barachiel mengatakan... [Reply]

hem gan kalo misalnya saya yang dari smk bukan sma bisa ga ya/ mohon balasannya

Ahmad mengatakan... [Reply]

@Odniel Barachiel bisa silakan aja langsung dicoba, sebelum telat dan kemudian menyesal :D

Anonim mengatakan... [Reply]

ijazahnya itu ijazah SMP kan? Terus sy msh kelas 2 jd untuk rapor kls 3 blm ada jd bgmn?
Thanks

zainul_ahmad mengatakan... [Reply]

gan,, itu bener pake raport semester 2 kelas 3 ? bukannya udah gaada raport lagi ya ?

Ahmad mengatakan... [Reply]

@Anonim ini untuk beasiswa kuliah, untuk SMP belum ada.

Ahmad mengatakan... [Reply]

@zainul_ahmad iya gan, tapi memang benar harus disertakan fotokopi raportnya. :)

kimi no koto ga suki da kara mengatakan... [Reply]

mau nanya, saya lia ,saya baru kelas dua tahun ini tahun depan lulus SMA, ikut program akselerasi.
bisa tidak saya ikut daftar beasiswa ini??

kimi no koto ga suki da kara mengatakan... [Reply]

mau nanya saya lia, baru kelas 2 thn ini, saya ikut program akselerasi tahun depan lulus. saya bisa tidak ikut beasiswa? tapi nilai rapor saya yang ada cuma semester 1,2 dan 4 bagaimnana??

Ahmad mengatakan... [Reply]

@kimi no koto ga suki da kara
Maaf baru, pendaftaran beasiswa sudah ditutup tanggal 15 Juni. Mungkin lia bisa ikut apply beasiswa tahun depan. Jangan sampai telat lagi yah. tetap baca terus perkembangan beasiswa jepang di blog ini :)

Anonim mengatakan... [Reply]

Tahun depan ada lagi beasiswanya??

Ahmad mengatakan... [Reply]

@Anonim Insya Allah ada lagi kok, Pemerintah jepang memang setiap tahunnya rutin memberikan beasiswa ini. So, pantengin aja terus blog ini untuk info selanjutnya :D

Rharha Indah mengatakan... [Reply]

lahir tahun 1996 bulan januari bisa ikut gak?

Anonim mengatakan... [Reply]

TERIMA KASIH ATAS INFONYA YA KAK AHMAD dkk.

TENDY BINTANG P. S SMAZAPO

Leave a Reply

Ayo utarakan saran atau tambahan atau bahkan kritik lewat Komentar