Langsung ke konten utama

Bincang-bincang Eksklusif Bersama Teguh Sudarisman


foto from Facebook.com (punya pribadi pak Teguh)
"I'm dedicating myself to make beautiful travel articles and stunning photographs, finding new destinations, promoting batik and encouraging young people to start making travel articles and better pictures." Teguh Sudarisman dalam Facebooknya.

Pengantar 
Pada kesempatan ini InfoKita akan mengadakan wawancara eksklusif dengan sejumlah pekerja pariwisata, tokoh-tokoh dan pemerhati pariwisata mengenai prospek pariwisata Indonesia khususnya di wilayah terpencil yang minim fasilitas.

Pada awalnya saya merasa pesimis untuk membuat seri wawancara ini namun setelah baca - baca sana-sini di berbagai media atau blog, akhirnya saya tertarik juga untuk melakukan hal yang sama seperti itu. Dan pada edisi perdana ini, saya dapat berkesempatan untuk berbincang dengan salah satu Travel Writer yang cukup terkenal dan hebat dalam hal tulisannya. Siapa dia? Dialah Teguh Sudarisman. Mungkin ngak banyak orang tahu dengan dia, tapi jika dikalangan media terutama dunia travelling, pasti kenal.

Teguh Sudarisman merupakan Editor in Chiefnya Majalah Liburan dan Escape. Sebelumnya beliau juga pernah menjabat sebagai Managing Direcor di PT Indo Multi Media. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang publishing khususnya bidang travel. Selain itu beliau juga seorang Photgrapher handal.

Silakan coba dibaca tulisan beliau di beberapa Majalah Travel, diantaranya Jalan-Jalan, Jakarta Java Kini, Garuda Indonesia Magazine, Escape, Liburan, dll.

Agar tidak terlalu berpanjang lebar, mari kita sima wawancara bersama Teguh Sudarisman, si penulis yang saya kagumi. :)

Semoga Bermanfaat

T: Tanya 
J: Jawab

T : Bagaimana pendapat anda tentang pariwisata Indonesia saat ini?
J : Pariwisata Indonesia saat ini:
Yang dilakukan pemerintah pusat STAGNAN, hanya program-program PR saja
Yang dilakukan pemerintah daerah hanya pasang portal dan narik retribusi ke pengunjung.
Yang jalan seperti biasa adalah travel agent/biro perjalanan yang setia dengan destinasi-destinasi yang sudah biasa - artinya, mana ada travel agent searching dan mencari destinasi-destinasi baru?
Yang paling aktif adalah komunitas-komunitas wisata, yang mencari destinasi2 baru, menawarkan paket2 wisata murah dan lebih adventurous, dan mempromosikannya ke banyak orang melalui berbagai medium: media cetak, online, Facebook, Mu ltiply, Blogspot

T: Apakah Indonesia memiliki prospek yang cerah untuk bersaing dikancah internasional dalam hal pariwisata?
J : Tidak, kalau yang dilakukan pemerintah hanya seperti sekarang

T: .Mungkin diantara kebanyakan orang hanya mengenal ODTW-ODTW yang terkenal saja belum yang terpencil, Menurut anda apa yang membuat seorang lebih suka mengunjungi ke tempat yang cukup familiar dibandingkan ke tempat yang belum pernah ia kunjungi yang sebenarnya sama bagusnya bahkan lebih bagus?
J: Tidak semua orang pingin yang 'sengsara'. Sebagian orang lebih suka yang leisure, pingin tidur di hotel, wisata belanja, makan di resto yang enak. Ya untuk yg ini menjadi pasar travel agen/biro perjalanan. Yang mau lebih budget conscious dan adventurous ya silakan, banyak komunitas wisata yang menggarap pasar ini (malah sekarang sedang booming)

T : Untuk itu apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan daerah terpencil yang masih belum terjamah oleh mata manusia padahal memiliki potensi yang sangat besar?
J : Ya serahkanlah ke traveler, backpacker dan travel writer, travel photographer yang suka jalan, yang bisa menulis dan mempromosikan tempat itu ke orang lain. Sebab kadang meski daerahnya bagus, belum tentu penduduk lokalnya menyadarinya.

T: Apakah anda memiliki atau mungkin sedang mempertimbangkan proyek atau inovasi baru yang secara khusus ditujukan untuk memajukan wisata yang ada di daerah terpencil tersebut?
J : Yang terpencil biarlah buat dinikmati sebagian kecil orang saja. Sebab kalau banyak orang malah jadi rusak. Tadinya saya punya banyak rencana untuk memajukan P. Tidung, tapi karena sudah telanjur ramai, akhirnya dibatalkan.

T: Menurut Anda wilayah mana yang paling berpotensi untuk dikembangkan ke tingkat lebih lanjut dan apa yang harus dilakukan oleh masyarakat sekitar apabila sudah memiliki sarana serta prasarana yang baik?
J : Kalau sarana prasarana sudah baik dan ada daerah yang bagus, sudah pasti wisatanya maju laah. Problemnya kan sekarang banyak daerah bagus tapi prasarananya parah, jadi wisatanya nggak maju. Setiap daerah punya potensinya masing-masing, dan untuk memajukan potensi itu sebaiknya orang daerah itu sendiri mesti ada yang kreatif mempromosikan daerahnya. Kalau di Thailand ada 1 village 1 product, di Indonesia saya punya ide, seharusnya 1 city 1 travel writer, sebab umumnya travel writer-lah yang bisa secara efektif mempromosikan wisata suatu daerah.

Yang sangat potensial menurut saya sekarang ini Kepulauan Seribu, karena jaraknya yang relatif dekat dengan Jakarta, tenmpatnya masih bagus, banyak yang bisa dilihat dan dipelajari --dan juga dikembangkan-- dan bisa dijangkau dengan biaya relatif murah (mau yg mahal jg ada)
 

T: Apa yang membuat anda merasa spesial dari wilayah pilihan anda?
J: Jawaban no. 7 dah menjawab.

T: Seberapa pentingkah peranan masyarakat terhadap wilayah disekitar mereka?
J: Pentinglaaah, terutama untuk pengelolaan wisata berbasis masyarakat, dan menjaga kelestarian lingkungan - di mana yang ini masyarakat mesti banyak dididik, karena kalau bisa mengelola wisata tapi tisak peduli lingkungan, tempat wisata itu akan segera rusak.

T: .Saya lihat negara-negara tetangga kita seperti Singapore, Thailand dan Australia berkembang pesat dengan pariwisatanya. Menurut anda apa yang membuat mereka bisa menjadi sukses seperti itu?
 J:  Karena tingkat korupsinya sangat rendah.

T: Dalam catatan saya, Indonesia berada di wilayah coral golden triangle dan Indonesia menjadi jantung dari segitiga emas tersebut. Tapi kenapa Indonesia masih belum maksimal menggarap potensi tersebut?
J: Karena tingkat korupsi di Indonesia tinggi :)) Apa-apa serba dikorupsi, pekerjaan hanya bisa jalan kalo ada uang dan ada yang bisa diambil, jadi pikirannya bukan memajukan wisata tapi apa yang bisa dia dapatkan dari program memajukan wisata itu

T: .Ini mungkin terdengar tidak asing lagi, banyak masyarakat di wilayah tersebut mengeluh akan fasilitas yang belum terpelihara dan tersedia dengan baik. Dalam hal ini kita bicara ke pemerintah. Menurut Anda bagaimana pemerintah dan masyarakat terjalin hubungan yang harmonis antara Pemerintah dan Masyarakat guna membuat pariwisata Indonesia lebih baik lagi?
J: Kembali ke jawaban 10 dan 11

T: Kasih saran dong untuk seluruh elemen masyarakat atau pemerintah?
J: Berpikirlah untuk wisata yang sustainable, berkelanjutan. Sekarang ini orang umumnya pingin dapat cepetnya aja, nggak pemerintah, nggak masyarakat. Pinginnya dapat uang segera, tapi jarang melakukan upaya-upaya perlindungan dan pemeliharaan agar tempat wisata itu bisa terus lestari dan berkembang. Ini aja deh saran saya.
 
T: .Yang terakhir, Pasti tau dong Pulau Komodo dan juga pasti tau ada pemilihan new7wonders dan Pulau Komodo mewakili Indonesia masuk ke putaran final. Sudahkah Anda memvote Pulau yang satu ini hhe?
J: Enggak, saya nggak vote. Saya nggak pingin nanti jadi terkenal banget dan orang2 pada berbondong2 ke sana. 

Mengandalkan peranan Travel Writer atau Travel Photographer salah satu wujud yang bisa dilakukan oleh Indonesia untuk lebih mengenalkan pariwisatanya. Begitulah kiranya pesan yang dapat kita petik dari wawancara ini. Dan Pak Teguh Sudarisman sudah membuktikannya. Bagaimana dengan Anda?

Saya tunggu pendapat Anda di kolom komentar. :)
*Nantikan Bincang-bincang berikutnya bersama tokoh yang tak kalah hebatnya..


Note: Sebelumnya saya minta maaf kepada yang bersangkutan karena ada beberapa yang salah dan juga terima kasih kepada Ibu Virgina Veryastuti karena sudah mengingatkan saya akan hal itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

30 Karya Fotografi Siluet Yang Keren

Dalam fotografi , siluet   didefinisikan   sebagai garis   yang muncul dan berwarna  gelap   dengan latar belakang   cahaya.   Ini menghasilkan  sebuah  hasil yang sangat   mengesankan dan   akan dianggap   sebagai pilihan terbaik  ketika   seniman   ingin   menyampaikan   drama, dan   emosi dalam  foto-fotonya .   Bagian belakang - pencahayaan   dari   segala  bayangan   matahari   ke arah kamu   dan menghasilkan   efek ini. Strategi dasar   Anda harus   mempekerjakan dalam   mengambil gambar   siluet   adalah untuk menempatkan   subjek di   depan beberapa   sumber   cahaya dan   kamera   untuk mendorong   Anda untuk membuat   pandangannya   yang didasarkan   pada bagian  terang dari   gambar Anda. Berikut ini kami tampilkan koleksi karya-karya terhebat yang menjelaskan konsep tentang siluet. Silakan dinikmati atau mungkin bisa kamu donlod dan dijadikan wallpaper dekstop kamu hehe.

10 Seniman Dengan Bayaran Tertinggi 2010

Apa yang diperlukan untuk menjadi salah satu musisi dengan bayaran tertinggi di tahun 2010? yupp !! sebuah konsistensi karir mereka, hampir setengah dari seniman yang ada dalam daftar berikut adalah musisi - musisi yang telah lama berkiprah di dunia seni dan kembali muncul kepermukaan bersaing dengan para pendatang baru. Sebuah pertunjukkan seni bisa dikatakan sukses atau berhasil itu tergantung dari siapa yang perform di acara itu. Berikut 10 seniman dengan bayaran tertinggi di tahun 2010. 10. Black Eyed Peas $48 million Sejak terjun ke dunia seni di awal tahun 2000-an, Black Eyed Peas telah di undang dimana - mana dari acara Super Bowl pre-game sampai ke diskusi politik di CNN. Sebuah tur keliling dunia dimulai dari swiss ke meksiko  dengan meraup sekitar $ 800,000 dalam semalam.  9. Kenny Chesney $50 million Chesney kembali melanjutkan karirnya dalam industri musik Country dengan melakukan berbagai kegiatan tur. Pada tahun 2009 lalu Chesney mendapatkan $ 71 juta dan sekitar $

Mobil Kepresidenan RI yang Pertama

Setiap kepala Negara memiliki mobil kepresidenan sebagai kendaraan dinas sehari-hari. Zaman Presiden Soekarno, Indonesia juga telah memiliki sejumlah mobil kepresidenan. Mobil-mobil itu sekarang disimpan dalam Museum Gedung Joeang ’45, Jakarta. Kendaraan dinas Presiden dan Wakil Presiden Ri yang pertama adalah mobil Buick-8 dan DeSoto. Mobil Buick-8 digunakan oleh Presiden Soekarno pada masa selepas proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kendaraan berpelat nomor Rep-1 ini banyak berjasa karena turut mendukung Presiden Soekarno dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dalam periode 1945-1949. Cerita tentang bagaimana Buick-8 ini menjadi mobil kepresidenan cukup unik. Pada tahun 1945, Ketua Barisan Banteng, Sudiro, menemukannya dibelakang kantor Departemen Perhubungan yang digunakan Jepang. Gedung ini sekarang menjadi kantor Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di Jalan Merdeka Timur, Jakarta. Sudiro paham, Buick-8 bukanlah mobil sembarangan. Ia lantas membujuk supirnya untu