Minggu, 05 Juni 2011

Home » , » Peringkat Universitas Berdasarkan Webomatrics

Peringkat Universitas Berdasarkan Webomatrics

Posted by Ahmad Fajar on 18.51 0 komentar

Universitas di dunia memiliki peringkat. Mulai dari angka terkecil satu sampai yang terbesar. Banyak factor yang mempengaruhi peringkat suatu universitas tersebut. Dan banyak juga lembaga yang mengeluarkan peringkat tersebut. Salah satunya adalah webometrics, sebuah lembaga penyusun peringkat perguruan tinggi yang bermarkas di Spanyol. Rilis yang dikeluarkan setiap 6 bulan sekali tersebut membuat peringkat berdasarkan 4 parameter.

Pertama, Size, yaitu jumlah halaman publikasi institusi yang dapat diakses melalui empat mesin pencari (search engine) resmi seperti Yahoo, Goole, Live Search dan Exalead, penilaian ini berbobot 20 %.Jika salah satu mesin pencari tidak menemukan suatu hal yang di upload oleh suatu universitas tentunya akan berdampak pada penilaian dalam parameter yang pertama ini.

Kedua, Visibility, yaitu jumlah total eksternal link yang khas yang mampu diakses oleh Yahoo, Live Search dan Exalead, berbobot 50%. Bobot ini merupakan yang tertinggi daripada 3 parameter lain. Karena yang ditonjolkan disini adalah bagaimana website universitas dikemas sedemikian rupa sehingga mampu membawa cirri khas yang tersendiri dibandingkan dengan yang lainnya.

Ketiga, Rich Files, merupakan variasi format yang digunakan untuk mempublikasikan kegiatan akademik misalnya Adobe Acrobat (.pdf), Adobe Post Script (.ps), Microsoft Word (.doc), dan Microsoft Power Point (.ppt), kesemuanya berbobot 15%. Ketekunan dan juga kejelian sangat diutamakan, karena satu file saja sangat berpengaruh pada penilaian.

Keempat, scholar, yaitu jumlah paper dan referensi untuk setiap domain yang dapat diakses melalui Google. Hasil dan scholar database ini merepresentasikan paper, laporan, dan kegiatan akademis lainnya, bobotnya 15%. Ini menunjukkan seberapa banyak laporan penelitian dan sejenisnya berhasil diakses oleh mesin pencari Google.

Dari perhitungan yang dibuat oleh webometrics, diperoleh sekitar 6000 perguruan tinggi dari berbagai Negara mendapatkan penilaian dari webometrics tersebut. Universitas yang ada di Indonesia peringkat terbaik pada posisi 583 dunia dan peringkat terendah pada posisi 5724.
Mungkin dengan adanya penilaian seperti ini, para calon mahasiswa seperti saya bisa dijadikan sebagai suatu acuan atau patokan untuk memilih perguruan tinggi mana yang cocok dengan diri kita sendiri. Sekarang saatnya kita memilih.


0 Responses so far:

Leave a Reply

Ayo utarakan saran atau tambahan atau bahkan kritik lewat Komentar