Langsung ke konten utama

Inilah Jenis-jenis Vitamin Beserta Khasiatnya

Tak hanya bermanfaat menjaga vitalitas dan daya tahan tubuh, konsumsi vitamin secara teratur dapat mencegah berbagai penyakit. Vitamin merupakan nutrisi tanpa kalori yang penting dan dibutuhkan untuk metabolisme tubuh manusia. Vitamin tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia, tetapi diperoleh dari dari makanan sehari – hari. Fungsi khusus vitamin adalah sebagai kofaktor ( elemen pembantu ) untuk reaksi enzimatik.

Vitamin juga berperan dalam berbagai macam fungsi tubuh lainnya, termasuk regenerasi kulit, penglihatan, system susunan syaraf, system kekebalan tubuh, dan pembekuan darah. Tubuh membutuhkan jumlah yang berbeda untuk setiap vitamin. Setiap orang punya kebutuhan vitamin yang berbada pula.

Dari penjabaran tersebut, mungkin kita ingin tau jenis-jenis vitamin apa saja dan khasiat yang terkandung di vitamin tersebut. Berikut Jenis Vitamin dan Khasiatnya :
  1. Vitamin A
Dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pembangunan jaringan yang normal (normal development of tissues), memelihara kesehatan kulit dari dalam, dan melindungi kulit dari luar terhadap infeksi. Juga melindungi dari segala jenis bentuk kanker, bukan kanker kantong kering ya, hhe. Vitamin A juga perlu untuk penglihatan. Sumber Vitamin ini dapat diperoleh dari buah melon, mangga, tomat, apricot (apricot), papaya, dan jruk kepruk (tangerines) dan tentunya wortel.
  1. Vitamin B1/Thiamin
Esensial untuk berbgai fungsi tubuh, produksi energy, dan membantu memelihara kesehatan syaraf dan otot. Membantu tubuh membuat dan mamakai protein. Sumbernya : Tomat.
  1. Vitamin B2 / Riboflavin
Vitamin B2 terlibat dalam banyak proses tubuh, khususnya memproduksi energi yang tersedia dari makanan, pertumbuhan pada anak- anak, dan memperbaiki dan memelihara jaringan tubuh, membantu menata kembali keasaman tubuh. Sumber : Tomat.
  1. Niacin ( bagian dan B kompleks)
Niacin mengompromikan asam nikotin (nicotinic acid) dan nikotinamida (nicotinamide), yang keduanya dibutuhkan untuk produksi energy dalam sel-sel. Nikotinamida terlibat dalam proses enzim, termasuk metabolism asam lemak (fatty acid), pernapasan jaringan (tissue respiration) dan pembuangan racun, esensial untuk fungsi otak, membantu menyeimbangkan kandungan gula darah dan menurunkan tingkat kolesterol. Sumber vitamin yang satu ini yaitu, tomat, kacang tanah dan alpukat.
  1. Pantothenic Acid ( bagian dari B kompleks )
Memainkan sebuah peran sentral dalam membuat energy dari lemak dan karbohidrat yang tersedia untuk produksi substansi esensial lemak, memelihara kesehatan kulit dan rambut. Sumbernya, tomat, stroberi dan alpukat.
  1. Vitamin B6 / piridoksin ( pyridoxine)
Dibutuhkan tubuh untuk membuat protein, membantu keseimbangan hormone seks, antidepresi dan diuretic alami A, membantu mengendalikan reaksi alergi. Sumbernya, pisang, biji-bijian, kacang-kacangang dan alpukat.
  1. Biotin
Dibutuhkan untuk memproduksi energy dari makanan tersedia, misalnya untuk sintesis lemak dan untuk ekskresi (pengeluaran) produk limbah protein. Sumber: kacang-kacangan, oat (sejenis gandum), almond, tomat, anggur, semangka dan cerry.
  1. Foliate / asam folik ( folic acid )
Dibutuhkan untuk produksi berbagai substansi esensial dalam tubuh, berperan penting bersama-sama vitamin B12 dalam pembelahan sel yang cepat, membuat materi genetic (DNA) untuk setiap sel, dibutuhkan untuk memelihara fungsi system imunitas, esensial untuk fungsi otak dan syaraf. Sumber : Kacang tanah, biji-bijian, hazelnut (sejenis kemiri), kacang mete, walnut (sejenis kenari) dan alpukat.
  1. Vitamin B12 / sianokobalamin (cyanoncobalamin)
Dibutuhkan untuk produksi (manufaktur) materi genetic (DNA dan RNA), terlibat dalam pembentukan (formasi) sel darah merah, esensial untuk syaraf, menangani asap tembakau dan racun lainnya. Sumber : buah-buahan tertentu diindikasikan mengandung vitamin ini, tapi hal ini belum dikonfirmasikan secara ilmiah.
  1. Vitamin C / asam askrobat (ascorbiacid)
Memperkuat system imunitas dalam memerangi infeksi, menjaga tulang, kulit dan sendi kokoh kuat, ada sebuah hubungan kuat antara masukan vitamin C yang lebih tinggi dan risiko yang lebih rendah atas serangan jantung, stroke, katarak, dan beberapa jenis kanker. Vitamin ini mudah teroksidasi dan rusak karena panas. Sumber : stroberi, jeruk lemon, buah kiwi, jeruk, anggur, jeruk limau, dan tomat.
  1. Vitamin D / kalsiferol ( calciferols ).
Dibutuhkan untuk penyerapan kalsium dari makanan, untuk penggunaan kalsium dan fosfor, memperngaruhi pertumbuhan dan kekuatan tulang dan gigi, serta bersama-sama kalsium terkait dengan kesehatan syaraf dan otot. Sumber : berjemur matahari.
  1. Vitamin E / d-alpha tocopherol ( d-alfa tokoferol)
Vitamin E dibutuhkan sebgai antioksidan, yang melindungi tubuh dari efek samping oksidasi yang berbahaya. Makin banyak lemak tak jenuh ganda yang Anda makan, semakin banyak pula vitamin E yang dibutuhkan untuk meilndungi lemak tersebut dari oksidasi. Meningkatkan penyembuhan luka dan fertilititas (kesuburan), baik untuk kulit. Sumber : biji bunga matahari, kacang tanah, kacang almonds, hazelnut, biji pinus, biji wijen, oat dan alpukat.
  1. Vitamin K / phylloquione (pilokuinon)
Esensial untuk pembentukan protein, mengendalikan penggumpalan darah dan fungsi lainnya. Vitamin K dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Sumber vitamin K tersebut: Tomat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

30 Karya Fotografi Siluet Yang Keren

Dalam fotografi , siluet   didefinisikan   sebagai garis   yang muncul dan berwarna  gelap   dengan latar belakang   cahaya.   Ini menghasilkan  sebuah  hasil yang sangat   mengesankan dan   akan dianggap   sebagai pilihan terbaik  ketika   seniman   ingin   menyampaikan   drama, dan   emosi dalam  foto-fotonya .   Bagian belakang - pencahayaan   dari   segala  bayangan   matahari   ke arah kamu   dan menghasilkan   efek ini. Strategi dasar   Anda harus   mempekerjakan dalam   mengambil gambar   siluet   adalah untuk menempatkan   subjek di   depan beberapa   sumber   cahaya dan   kamera   untuk mendorong   Anda untuk membuat   pandangannya   yang didasarkan   pada bagian  terang dari   gambar Anda. Berikut ini kami tampilkan koleksi karya-karya terhebat yang menjelaskan konsep tentang siluet. Silakan dinikmati atau mungkin bisa kamu donlod dan dijadikan wallpaper dekstop kamu hehe.

10 Seniman Dengan Bayaran Tertinggi 2010

Apa yang diperlukan untuk menjadi salah satu musisi dengan bayaran tertinggi di tahun 2010? yupp !! sebuah konsistensi karir mereka, hampir setengah dari seniman yang ada dalam daftar berikut adalah musisi - musisi yang telah lama berkiprah di dunia seni dan kembali muncul kepermukaan bersaing dengan para pendatang baru. Sebuah pertunjukkan seni bisa dikatakan sukses atau berhasil itu tergantung dari siapa yang perform di acara itu. Berikut 10 seniman dengan bayaran tertinggi di tahun 2010. 10. Black Eyed Peas $48 million Sejak terjun ke dunia seni di awal tahun 2000-an, Black Eyed Peas telah di undang dimana - mana dari acara Super Bowl pre-game sampai ke diskusi politik di CNN. Sebuah tur keliling dunia dimulai dari swiss ke meksiko  dengan meraup sekitar $ 800,000 dalam semalam.  9. Kenny Chesney $50 million Chesney kembali melanjutkan karirnya dalam industri musik Country dengan melakukan berbagai kegiatan tur. Pada tahun 2009 lalu Chesney mendapatkan $ 71 juta dan sekitar $

Mobil Kepresidenan RI yang Pertama

Setiap kepala Negara memiliki mobil kepresidenan sebagai kendaraan dinas sehari-hari. Zaman Presiden Soekarno, Indonesia juga telah memiliki sejumlah mobil kepresidenan. Mobil-mobil itu sekarang disimpan dalam Museum Gedung Joeang ’45, Jakarta. Kendaraan dinas Presiden dan Wakil Presiden Ri yang pertama adalah mobil Buick-8 dan DeSoto. Mobil Buick-8 digunakan oleh Presiden Soekarno pada masa selepas proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kendaraan berpelat nomor Rep-1 ini banyak berjasa karena turut mendukung Presiden Soekarno dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dalam periode 1945-1949. Cerita tentang bagaimana Buick-8 ini menjadi mobil kepresidenan cukup unik. Pada tahun 1945, Ketua Barisan Banteng, Sudiro, menemukannya dibelakang kantor Departemen Perhubungan yang digunakan Jepang. Gedung ini sekarang menjadi kantor Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di Jalan Merdeka Timur, Jakarta. Sudiro paham, Buick-8 bukanlah mobil sembarangan. Ia lantas membujuk supirnya untu