Rabu, 20 Oktober 2010

Home » » Inilah Jenis-jenis Vitamin Beserta Khasiatnya

Inilah Jenis-jenis Vitamin Beserta Khasiatnya

Posted by Ahmad Fajar on 16.51 0 komentar

Tak hanya bermanfaat menjaga vitalitas dan daya tahan tubuh, konsumsi vitamin secara teratur dapat mencegah berbagai penyakit. Vitamin merupakan nutrisi tanpa kalori yang penting dan dibutuhkan untuk metabolisme tubuh manusia. Vitamin tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia, tetapi diperoleh dari dari makanan sehari – hari. Fungsi khusus vitamin adalah sebagai kofaktor ( elemen pembantu ) untuk reaksi enzimatik.

Vitamin juga berperan dalam berbagai macam fungsi tubuh lainnya, termasuk regenerasi kulit, penglihatan, system susunan syaraf, system kekebalan tubuh, dan pembekuan darah. Tubuh membutuhkan jumlah yang berbeda untuk setiap vitamin. Setiap orang punya kebutuhan vitamin yang berbada pula.

Dari penjabaran tersebut, mungkin kita ingin tau jenis-jenis vitamin apa saja dan khasiat yang terkandung di vitamin tersebut. Berikut Jenis Vitamin dan Khasiatnya :
  1. Vitamin A
Dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pembangunan jaringan yang normal (normal development of tissues), memelihara kesehatan kulit dari dalam, dan melindungi kulit dari luar terhadap infeksi. Juga melindungi dari segala jenis bentuk kanker, bukan kanker kantong kering ya, hhe. Vitamin A juga perlu untuk penglihatan. Sumber Vitamin ini dapat diperoleh dari buah melon, mangga, tomat, apricot (apricot), papaya, dan jruk kepruk (tangerines) dan tentunya wortel.
  1. Vitamin B1/Thiamin
Esensial untuk berbgai fungsi tubuh, produksi energy, dan membantu memelihara kesehatan syaraf dan otot. Membantu tubuh membuat dan mamakai protein. Sumbernya : Tomat.
  1. Vitamin B2 / Riboflavin
Vitamin B2 terlibat dalam banyak proses tubuh, khususnya memproduksi energi yang tersedia dari makanan, pertumbuhan pada anak- anak, dan memperbaiki dan memelihara jaringan tubuh, membantu menata kembali keasaman tubuh. Sumber : Tomat.
  1. Niacin ( bagian dan B kompleks)
Niacin mengompromikan asam nikotin (nicotinic acid) dan nikotinamida (nicotinamide), yang keduanya dibutuhkan untuk produksi energy dalam sel-sel. Nikotinamida terlibat dalam proses enzim, termasuk metabolism asam lemak (fatty acid), pernapasan jaringan (tissue respiration) dan pembuangan racun, esensial untuk fungsi otak, membantu menyeimbangkan kandungan gula darah dan menurunkan tingkat kolesterol. Sumber vitamin yang satu ini yaitu, tomat, kacang tanah dan alpukat.
  1. Pantothenic Acid ( bagian dari B kompleks )
Memainkan sebuah peran sentral dalam membuat energy dari lemak dan karbohidrat yang tersedia untuk produksi substansi esensial lemak, memelihara kesehatan kulit dan rambut. Sumbernya, tomat, stroberi dan alpukat.
  1. Vitamin B6 / piridoksin ( pyridoxine)
Dibutuhkan tubuh untuk membuat protein, membantu keseimbangan hormone seks, antidepresi dan diuretic alami A, membantu mengendalikan reaksi alergi. Sumbernya, pisang, biji-bijian, kacang-kacangang dan alpukat.
  1. Biotin
Dibutuhkan untuk memproduksi energy dari makanan tersedia, misalnya untuk sintesis lemak dan untuk ekskresi (pengeluaran) produk limbah protein. Sumber: kacang-kacangan, oat (sejenis gandum), almond, tomat, anggur, semangka dan cerry.
  1. Foliate / asam folik ( folic acid )
Dibutuhkan untuk produksi berbagai substansi esensial dalam tubuh, berperan penting bersama-sama vitamin B12 dalam pembelahan sel yang cepat, membuat materi genetic (DNA) untuk setiap sel, dibutuhkan untuk memelihara fungsi system imunitas, esensial untuk fungsi otak dan syaraf. Sumber : Kacang tanah, biji-bijian, hazelnut (sejenis kemiri), kacang mete, walnut (sejenis kenari) dan alpukat.
  1. Vitamin B12 / sianokobalamin (cyanoncobalamin)
Dibutuhkan untuk produksi (manufaktur) materi genetic (DNA dan RNA), terlibat dalam pembentukan (formasi) sel darah merah, esensial untuk syaraf, menangani asap tembakau dan racun lainnya. Sumber : buah-buahan tertentu diindikasikan mengandung vitamin ini, tapi hal ini belum dikonfirmasikan secara ilmiah.
  1. Vitamin C / asam askrobat (ascorbiacid)
Memperkuat system imunitas dalam memerangi infeksi, menjaga tulang, kulit dan sendi kokoh kuat, ada sebuah hubungan kuat antara masukan vitamin C yang lebih tinggi dan risiko yang lebih rendah atas serangan jantung, stroke, katarak, dan beberapa jenis kanker. Vitamin ini mudah teroksidasi dan rusak karena panas. Sumber : stroberi, jeruk lemon, buah kiwi, jeruk, anggur, jeruk limau, dan tomat.
  1. Vitamin D / kalsiferol ( calciferols ).
Dibutuhkan untuk penyerapan kalsium dari makanan, untuk penggunaan kalsium dan fosfor, memperngaruhi pertumbuhan dan kekuatan tulang dan gigi, serta bersama-sama kalsium terkait dengan kesehatan syaraf dan otot. Sumber : berjemur matahari.
  1. Vitamin E / d-alpha tocopherol ( d-alfa tokoferol)
Vitamin E dibutuhkan sebgai antioksidan, yang melindungi tubuh dari efek samping oksidasi yang berbahaya. Makin banyak lemak tak jenuh ganda yang Anda makan, semakin banyak pula vitamin E yang dibutuhkan untuk meilndungi lemak tersebut dari oksidasi. Meningkatkan penyembuhan luka dan fertilititas (kesuburan), baik untuk kulit. Sumber : biji bunga matahari, kacang tanah, kacang almonds, hazelnut, biji pinus, biji wijen, oat dan alpukat.
  1. Vitamin K / phylloquione (pilokuinon)
Esensial untuk pembentukan protein, mengendalikan penggumpalan darah dan fungsi lainnya. Vitamin K dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Sumber vitamin K tersebut: Tomat.


0 Responses so far:

Leave a Reply

Ayo utarakan saran atau tambahan atau bahkan kritik lewat Komentar