Minggu, 05 September 2010

Home » » Apa itu RSS Feed dan Kegunaannya Serta Cara Berlangganan

Apa itu RSS Feed dan Kegunaannya Serta Cara Berlangganan

Posted by Ahmad Fajar on 09.44 0 komentar

RSS merupakan singkatan yang merujuk kepada beberapa protokol :
  • Really Simple Syndication ( RSS 2.0 )
  • RDF Site Summary ( 0.9 dan 1.0 )
  • Rich Text Summary ( 0.91 )

lalu, Apa itu RSS?

RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlanggananRSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya. (wikipedia.org)

Sederhananya, RSS merupakan versi simple dari isi website dengan format XML. Biasanya digunakan di website dengan konten yang dinamis atau berubah – ubah, seperti portal berita dan blog.
Begini. Tujuan seseorang membuka suatu website adalah untuk mendapatkan informasi dari website tersebut. Namun, ketika anda membuka suatu website, selain informasi dari website tersebut terbuka, ikut pula terbuka banner, widget, header, footer, dan pernak pernik dari website tersebut yang mungkin anda kurang butuhkan. nah, RSS reader merupakan solusi dari masalah ini. RSS merupakan versi simple dari sebuah website yang hanya menampilkan konten atau isi dari website, tanpa banner, tanpa widget, tanpa header atau footer dari website yang sebenarnya anda tidak butuhkan. rss dapat dibaca melalui pembaca RSS atau RSS reader.

terus, manfatnya RSS untuk saya apa?

Untuk memahami manfaat RSS secara lengkap, anda perlu tahu feed terlebih dahulu.

lalu, feed itu apa?

feed , ( atau pengumpan dalam bahasa indonesianya ) adalah suatu format data yang digunakan untuk melayani isi yang sering diperbaharui. Distributor isi mensindikasikan suatu umpan web dan mengizinkan para pengguna untuk berlangganan. Membuat suatu koleksi umpan web yang tersedia pada satu tempat dikenal sebagai agregasi, yang dilakukan oleh agregator (disebut juga pembaca umpan atau pembaca berita).( definisi id.wikipedia ) .
maksudnya begini, feed adalah suatu layanan yang disediakan oleh blog atau website. gunanya adalah mengumpulkan RSS atau versi simple dari suatu blog atau website yang tersedia, lalu mendistribusikannya. mendistribusikan kesiapa? kepada orang yang berlangganan feed tersebut. masih ingat dengan cara membaca RSS diatas? ya, jadi anda bisa mensubscribe atau mendaftarkan alamat feed tersebut ke RSS reader anda, lau setiap blog atau website tersebut memasukkan konten baru, feed tersebut akan mengirimkannya ke RSS reader anda. 

sebentar, ada yang terlupa. RSS reader itu apa?

RSS reader adalah aplikasi yang digunakan untuk membaca RSS daru sebuah website. cara membaca RSS suatu website adalah, anda masukkan alamat feed website tersebut, lalu RSS akan mengambil RSS dari feed website tersebut. Setiap kali web tersebut di update, versi RSSnya akan disediakan oleh feed, dan akan diambil oleh RSS reader anda.
RSS ada dua tipe : desktop based, dan web based. tipe desktop based ini berupa aplikasi. seperti MS word atau Browser. anda perlu menginstallnya di desktop anda. sedangan tipe web based, ini berupa website. web application. anda tidak perlu menginstallnya, cukup buka browser anda, masuk ke alamatnya, dan sign up. masing – masing tipe memiliki kelebihan. desktip based, anda dapat membacanya secara offline. Web based, anda tidak perlu repot menginstal aplikasi. data anda disimpan secara online, dan dapat anda akses dengan komputer mana pun. 
untuk RSS reader desktop based, anda bisa gunakan :
*) daftar tersebut berdasarkan post sampepuas.com disini. thanks untuk sampepuas.com untuk listnya yang membantu. sampepuas.com sendiri merekomendasikan snarfer, karena tampilannya yang simple.
sedangkan untuk RSS reader web based, anda bisa coba :
saya pribadi sudah pernah menggunakan keduanya, namun Google Reader lebih yahud untuk saya.Selain karena terintegrasi dengan Google Account, fiturnya lebih memuaskan. 
intinya, apa kegunaan semua teknologi ini? RSS, feed dan RSS reader. keuntungannya apa?
Ketiga teknologi ini memungkinkan anda membaca berita terbaru dari 20 blog atau website favorit anda dalam waktu sepuluh menit. loh kok bisa? ya, anda miliki sebuah RSS reader lalu daftarkan feed blog atau website favorit anda. Setiap kali website tersebut mengupdate kontennya, anda akan mendapatkannya! tidak perlu bolak – balik menyantroni blog kesayangan anda untuk mendapatkan konten terbaru darinya. dan lagi, anda tidak perlu lagi memBookmark halaman website favorit anda. Wow! Sebuah inovasi yang memudahkan kegiatan anda berinternet bukan?
Berlangganan melalui RSS FEED

Untuk memudahkan anda berlangganan RSS FEED dari InfoKita, silahkan pilih salah satu umpan RSS yang tersedia dibawah ini:

Baca PostingRSS FEED untuk artikel terbaru

Berlangganan RSS FEED melalui Email

Setiap InfoKita melakukan pembaharuan terhadap tulisan, maka anda akan mendapatkan kiriman artikel terbaru melalui Email dan semua ini gratis (tidak dipungut biaya), caranya anda cukup memasukan alamat email pada kotak text disamping blog ini..


0 Responses so far:

Leave a Reply

Ayo utarakan saran atau tambahan atau bahkan kritik lewat Komentar