Sabtu, 04 September 2010

Home » , » Apa itu Domain Name (Nama Domain)

Apa itu Domain Name (Nama Domain)

Posted by Ahmad Fajar on 09.05 0 komentar

Artikel ini saya ambil dari kang fikri dari bloggingly.com

Domain Name adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi server komputer di jaringan komputer yang tergabung dalam internet.

Berdasarkan artikel di wikipedia:
domain name is an identification label to define a realm of administrative autonomy, authority, or control in the Internet, based on the Domain Name System(DNS).
Pada awal internet di kembangkan, satu sistem bernama IP address digunakan untuk memberikan alamat kepada masing-masing server yang tergabung ke dalam jaringan internet. IP Address ini berupa deretan angka. contohnya: 208.77.188.166. Jadi jika user internet hendak mengakses satu data di satu server, yang dia perli lakukan adalah mengakses server tersebut dengan mengetikkan alamat IP Address tersebut.
Namun seiring dengan laju perkembangan internet yang berkembang dengan sangat pesat, terjadi satu masalah: Pengalamatan dengan menggunakan IP Address dinilai kurang manusiawi. Kebanyakan orang kesulitan menghafal berdigit-digit angka seperti IP Address. Maka dari itu, munculah ide untuk memberikan alias menggunakan alfabet yang lebih manusiawi dan mudah dihafal dari pada pengalamatan menggunakan IP Address yang kurang manusiawi.

Contoh:

IP Address dari satu server adalah 208.77.188.166. karena mengetikkan berdigit-digit angka seperti itu kurang manusiawi, maka dibuatlah domain name www.example.com sebagai alias dari 208.77.188.166. Siapapun yang mengakses www.example.com, secara otomatis akan diarahkan ke server yang beralamat di 208.77.188.166.

Kesimpulannya:

Domain Name (Nama domain) adalah nama unik yang digunakan sebagai alias dari satu alamat IP server. Ketika kita mengakses satu domain name, secara otomatis kita mengakses satu server dengan satu IP Address tertentu yang di alamatkan oleh domain tersebut.

Beberapa Istilah seputar domain:

  • Top Level Domain – bagian paling belakang dari sebuah domain name
  • Second Level Domain – Bagian setelah Top Level Domain
  • Subdomain - domain yang menjadi bagian dari domain yang lebih besar
Untuk ketiga istilah diatas, paling mudah dengan menggunakan contoh langsung:
www.list.bloggingly.com
  • com adalah Top Level Domain
  • bloggingly adalah Second Level Domain
  • list adalah subdomain
Yap, saya rasa demikian dulu perkenalan dengan domain name. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca halaman wikipedia mengenai domain name:
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bagaimana cara mendapatkan domain name tersebut ? Nantikan postingan berikutnya tentang cara mendapatkan sebuah domain yang berkualitas.
Ada yang ingin anda tambahkan? Pendapat? Share pengalaman? Silahkan berdiskusi melalui form komentar.


0 Responses so far:

Leave a Reply

Ayo utarakan saran atau tambahan atau bahkan kritik lewat Komentar