Senin, 23 Agustus 2010

Home » » Mengenal SMK Lebih Dalam

Mengenal SMK Lebih Dalam

Posted by Ahmad Fajar on 13.09 0 komentar

Makin hari semua harga kian naik. Mulai dari pangan, pakaian sampai pendidikan. Untuk di sektor pendidikan, sebagian besar Masyarakat khususnya Orang Tua lebih memilih enggan atau belum mampu menyekolahkan ankanya ke tingkat yang lebih tiggi. Tapi kalau untuk SD, SMP sih mungkin masih bisa karena ada BOS ( Bantuan Operasional Sekolah ) dan juga program pemerintah wajib belajar 9 tahun.


Namun setelah tamat dari SMP, mereka mau melanjutkan ke SMA/SMK. Nah disinilah yang mungkin menentukan masa depan nati. Jika Anda cukup uang untuk melanjutkan sekolah lagi sampai ke perguruan tinggi maka silakan pilih SMA, tapi kalau ingin langsung terjun ke dunia industri / kerja maka pilih SMK.

Dalam kesempatan ini, saya ingin menjelaskan atau memperkenalkan SMK lebih dalam lagi. Mungkin sebagian orang masih mengira bahwa SMK itu tidak kompetitif, tidak dapat bersaing, tidak bagus dan tidak - tidak lainnya. Namun pada kenyataannya SMK bisa. Kini SMK telah menjadi salah satu unsur terpenting dalam industri. Kenapa? Yup karena siswa SMK langsung bisa bekerja tanpa harus mengikuti training terlebih dahulu, dengan catatan sesuai dengan bidang yang ia pelajari di bangku sekolah.

Meskipun berlatar belakang sekolah yang memfokuskan dirinya ke dunia kerja, jangan coba - coba remehkan jebolan SMK ini. Mereka kini telah mampu menciptakan suatu produk yang tak kalah dengan produk industri besar. Ambil contoh, salah satu SMK di bidang teknologi komputer telah mampu membuat laptop sendiri yang diberi merk "esemka" dan itu juga sudah beredar di pasaran. Kemudian ada juga siswa jurusan Tata Boga setelah lulus buka restoran, dll.

Jadi apakah selamanya SMK itu buruk? tidak. SMK mempunyai prospek yang sangat cerah sebagai solusi bagi mereka yang kurang mampu untuk melanjutkan ke PT ( Perguruan Tinggi ). Walaupun ada beberapa siswa smk yang melanjutkan lagi.

Hmm ngomong - ngomong apa sih SMK itu? Menurut Wikipedia SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SMP/MTs. Rata Penuh

Sekarang jurusan atau bidang - bidang keahlian SMK sangat banyak sekali. Ada Teknologi Informasi, Usaha Jasa Pariwisata, Akomodasi Perhotelan, Tata Boga, Tata Busana , dll untuk yang lebih lengkapnya lahi silakan menuju tkp aja langsung di blognya Pak Kwarta. Tapi Untuk saat ini saya ingin menjelaskan tentang program keahlian pariwisata ( Usaha Jasa Pariwisata ). Apa sih UJP atau Usaha Jasa Pariwisata ? ... Mau tau kelanjutannya, simak terus topik yang satu ini hanya di InfoKita yang Insya Allah minggu depan.


0 Responses so far:

Leave a Reply

Ayo utarakan saran atau tambahan atau bahkan kritik lewat Komentar