Langsung ke konten utama

Diki Andeas, Sang Programmer Berkostum Ayam

Wawancara ini dipersembahkan oleh Tabloid PcPlus Rocks! Edisi 346

Gara-gara komik Chickenstrip-nya yang fenomenal, mungkin nama “Niwatori” lebih kamu kenal ketimbang nama aslinya, Diki Andeas. Aktif ngeblog dan ngomik di http://chickenstrip.wordpress.com. Diki bercerita banyak kepada PcPlus, termasuk cara membuat komik si ayam yang kocak.


Kenapa memilih karakter ayam untuk komik kamu?

Sejarahnya, dulu sewaktu masa awal-awal ngeblog, saya memberi judul blog saya “Dipatok ayam” sehingga ilustrasi dan hiasan untuk blog tentu saja tidak jauh darai gambar berbau ayam. Saat muncul ide membuat comicstrip, maka maskot atau karakter yang terpikir ya tetap tidak jauh-jauh dari bentuk ayam yaitu programmer berkostum ayam.

Cerita-cerita yang ada di Chickenstrip biasanya terinspirasi dari mana?
Idenya biasanya saya dapat dari kejadian sehari-hari, baik yang memang terjadi disekitar saya atau dari berita atau topik TI yang sedang hangat saat itu, baik dari hasil browsing maupun dari percakapan yang beredar di social media.

Menurut kamu sendiri, which Chickenstrip are you?
Hmm si Ayam kali ya? Stereotype programmer gitu deh, gila komputer dan internet. Tapi ada iseng dan jahilnya sedikit, hahaha.

Lebih sulit mana, menggambar dengan pensil/pena/kertas atau memakai mouse/software? Mana yang lebih disukai?
Sebenarnya saya lebih suka menggambar manual (mengunakan pensil/pena), ide lebih mengalir dan banyak bentuk yang dengan cepat bisa disalin dari imajinasi ke kertas. Sayangnya dulu itu saya tidak punya scanner sehingga terpaksa langsung menggambar vektor menggunakan mouse. Karena kebiasaan tersebut berlangsung cukup lama, sekarang yang terjadi malah sebaliknya-- saya jadi susah dan lambat kalau menggambar manual, lebih nyaman dan cepat kalau menggambar mouse. Dan ya, saya sudah coba menggunakan graphics tablet tapi berakhir dengan tetap lebih nyaman menggunakan mouse.

Software open source apa yang kamu pakai untuk membuat si Chickenstrip?
Untuk menggambar obyek-obyeknya, saya menggunakan software editor vektor Inscape dan untuk finishing akhir terkadang menggunakan GIMP. Selama ini semuanya dikerjakan di atas sistem operasi Ubuntu Linux.

Menurut kamu, kenapa orang masih enggan menggunakan open source (lebih memilih pakai bajakan)? Bagaimana kira-kira cara yang tepat untuk “meluruskan” mereka?
Kalau melihat dari kemampuan dan fitur software open source yang sekarang sudah tidak jauh beda dengan software proprietary, mungkin salah satu alasan mereka memilih menggunakan software bajakan adalah karena tidak berani mencoba menggunakan sesuatu yang baru. Mungkin mereka perlu diberi pengertian mengenai kemudahan menggunakan software open source, bukan hanya soal isu harga, idealisme atau aspek legalitasnya saja.

Bagaimana sih cara memulai bikin komik kayak Chickenstrip seperti ini? Mesti jago gambar-kah? Bisa diceritakan proses bikinnya dari awal sampai tuntas?
Wah, saya sendiri enggak jago gambar. Tapi proses pembuatan comicstrip ala Chickenstrip ini sederhana kok. Biasanya saya memulai prosesnya dari menerjemahkan ide ke bentuk dialog, melayout panel, lalu diakhiri dengan menyimpannya ke format file yang biasa digunakan di web. Untuk detailnya, saya pernah membuat postingan blog mengenai langkah-langkah pembuatannya di http://bit.ly/chickenstrip.

Berapa lama biasanya waktu yang kamu butuhkan untuk membuat satu chickenstrip? Bagian mana yang bisa dibilang paling sulit/lama prosesnya?
Sekitar 15-20 menit. Bagian tersulit biasanya justru di bagian ide/konsep dan menemukan joke yang tepat.

Apa saja rencana ke depan untuk Chickenstrip ini? Kapan buku keduanya keluar?
Soal rencan dan target sederhana saja sih, berusaha untuk tetap hadir secara rutin lewat blog atau kanal online lainnya dan menyelesaikan banyak ide/bahan buku yang belum sempat digarap. Belakangan ini sih selain menyelesaikan buku kedua, saya juga menyempatkan merilis e-book Chickenstrip gratis soal Piala Dunia dan bekerjasama dengan rekan programmer lainnya merilis aplikasi arsip Chickenstrip untuk iPhone dan Android. Insya Allah untuk buku kedua pengerjaannya tidak akan lama selama buku pertama.

Ada keinginan untuk total (fulltime) menggarap Chickenstrip?
Sepertinya sampai saat ini belum ada rencana mengurus kantor dan beberapa mimpi di dunia web development. Komik untuk sementara ini sekedar hobi, walaupun passion antara bergelut di dunia web dan ngomik sama besarnya.

Saat ini kamu bekerja di perusahaan yang kamu dirikan sendriri ya? Bisa cerita sedikit tentang latar belakan PT Jerbee Indonesia ini?
Jerbee sendiri berawal dari komunitas. Kami yang sebagian besar berasal dari satu kampus, selain agak jenuh bekerja untuk orang lain, juga memiliki banyak ide dan mimpi yang klop sputar dunia TI. Setelah bergelut bersama di beberapa proyek, kami kemudian memutuskan untuk membangun suatu PT yang bergerak di bidang web development dan network.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

30 Karya Fotografi Siluet Yang Keren

Dalam fotografi , siluet   didefinisikan   sebagai garis   yang muncul dan berwarna  gelap   dengan latar belakang   cahaya.   Ini menghasilkan  sebuah  hasil yang sangat   mengesankan dan   akan dianggap   sebagai pilihan terbaik  ketika   seniman   ingin   menyampaikan   drama, dan   emosi dalam  foto-fotonya .   Bagian belakang - pencahayaan   dari   segala  bayangan   matahari   ke arah kamu   dan menghasilkan   efek ini. Strategi dasar   Anda harus   mempekerjakan dalam   mengambil gambar   siluet   adalah untuk menempatkan   subjek di   depan beberapa   sumber   cahaya dan   kamera   untuk mendorong   Anda untuk membuat   pandangannya   yang didasarkan   pada bagian  terang dari   gambar Anda. Berikut ini kami tampilkan koleksi karya-karya terhebat yang menjelaskan konsep tentang siluet. Silakan dinikmati atau mungkin bisa kamu donlod dan dijadikan wallpaper dekstop kamu hehe.

10 Seniman Dengan Bayaran Tertinggi 2010

Apa yang diperlukan untuk menjadi salah satu musisi dengan bayaran tertinggi di tahun 2010? yupp !! sebuah konsistensi karir mereka, hampir setengah dari seniman yang ada dalam daftar berikut adalah musisi - musisi yang telah lama berkiprah di dunia seni dan kembali muncul kepermukaan bersaing dengan para pendatang baru. Sebuah pertunjukkan seni bisa dikatakan sukses atau berhasil itu tergantung dari siapa yang perform di acara itu. Berikut 10 seniman dengan bayaran tertinggi di tahun 2010. 10. Black Eyed Peas $48 million Sejak terjun ke dunia seni di awal tahun 2000-an, Black Eyed Peas telah di undang dimana - mana dari acara Super Bowl pre-game sampai ke diskusi politik di CNN. Sebuah tur keliling dunia dimulai dari swiss ke meksiko  dengan meraup sekitar $ 800,000 dalam semalam.  9. Kenny Chesney $50 million Chesney kembali melanjutkan karirnya dalam industri musik Country dengan melakukan berbagai kegiatan tur. Pada tahun 2009 lalu Chesney mendapatkan $ 71 juta dan sekitar $

Mobil Kepresidenan RI yang Pertama

Setiap kepala Negara memiliki mobil kepresidenan sebagai kendaraan dinas sehari-hari. Zaman Presiden Soekarno, Indonesia juga telah memiliki sejumlah mobil kepresidenan. Mobil-mobil itu sekarang disimpan dalam Museum Gedung Joeang ’45, Jakarta. Kendaraan dinas Presiden dan Wakil Presiden Ri yang pertama adalah mobil Buick-8 dan DeSoto. Mobil Buick-8 digunakan oleh Presiden Soekarno pada masa selepas proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kendaraan berpelat nomor Rep-1 ini banyak berjasa karena turut mendukung Presiden Soekarno dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dalam periode 1945-1949. Cerita tentang bagaimana Buick-8 ini menjadi mobil kepresidenan cukup unik. Pada tahun 1945, Ketua Barisan Banteng, Sudiro, menemukannya dibelakang kantor Departemen Perhubungan yang digunakan Jepang. Gedung ini sekarang menjadi kantor Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di Jalan Merdeka Timur, Jakarta. Sudiro paham, Buick-8 bukanlah mobil sembarangan. Ia lantas membujuk supirnya untu