Kamis, 29 November 2012

Home » , , » Apa itu QR Code dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu QR Code dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Posted by Ahmad Fajar on 22.29 1 komentar

QR Code? masih bingung dengan yang satu ini?

Saya berikan definisi dari QR code yang dikutip dari wikipedia 
Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.
Kalau teman-teman masih bingung, silakan lihat gambar ini.

http://chart.googleapis.com/chart?cht=qr&chs=150x150&choe=UTF-8&chld=H&chl=http://goo.gl/Ox7cT
 Itulah yang dinamakan dengan QR Code. Sekarang sudah banyak yang menggunakan kode ini sebagai penyimpan data berupa informasi url.Selain URL (Uniform Resource Locator), QR code juga dapat diisi dengan informasi berupa sms atau kontak telepon yang mengandung nama, nomor dan alamat.

Untuk membuat suatu QR code banyak berbagai caranya, ada yang menggunakan aplikasi pembuat QR code atau QR Code Generator (offline), SnapMaze QR Code Generator (online) atau yang lainnya. 

Bagaimana cara kerja dan membaca QR Code?

Mungkin ini menjadi pertanyaan bagi yang belum tau tentang QR code lebih jauh lagi. Cara kerja QR code sebenarnya simpel, yaitu informasi (url, sms, dll) disimpan kedalam QR code. Kemudia QR code dibaca menggunakan QR Code Reader pada handphone (dengan memfoto), setelah itu QR Code Reader akan langsung menghubungkan alamat (jika url) ke browser handphone kamu dengan cepat. Oleh karena itu QR merupakan singkatan dari Quick Response.

 Sekarang sudah tau kan apa itu QR code dan cara kerjanya. Silakan kamu praktekan dengan merubah alamat blogmu menjadi QR code. Selamat mencoba :)

Bagi kamu yang masih memerlukan informasi lebih dalam lagi tentang QR code, silakan berkunjung ke :


Nantikan postingan selanjutnya yang Insya Allah membahas tentang membuat QR Code dengan bantuan google url shorterner.

 


1 Response so far:

Guest House Semarang Tembalang mengatakan... [Reply]

Memasukkan data ke dalam QR code itu berupa apa ya?
Gimana sih mendefinisikan bentuk2nya?
Kalo bar code kan tiap tebaltipis dan letaknya mewakili karakter dan angka, kalo qr code gimana?

Leave a Reply

Ayo utarakan saran atau tambahan atau bahkan kritik lewat Komentar