Langsung ke konten utama

Beasiswa D2, D3, dan S1 ke Jepang 2013/2014


Akhirnya beasiswa D2, D3, dan S1 untuk tahun ajaran 2013/2014 kembali dibuka juga. Akhir-akhir ini, kita paling sering mendapat pertanyaan seputar beasiswa ke Jepang ini, apakah tahun ini kembali dibuka, apakah rutin diadakan setiap tahunnya, dll.
Sempat bikin kita ketar-ketir juga, soalnya tanggal pembukaan beasiswa ini sedikit mundur dari tahun kemarin. Padahal program yang rutin diadakan oleh Pemerintah Jepang setiap tahunnya ini merupakan beasiswa favorit teman-teman, terlihat dari banyaknya jumlah pertanyaan setiap kali ada informasi seputar beasiswa ini.
Persyaratan Umum
  • Lahir antara 2 April 1991 dan 1 April 1996
  • Lulus SMA dengan nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir minimal:
    • 8,4 untuk jenjang S1
    • 8,2 untuk jenjang D3
    • 8,0 untuk jenjang D2
Program Studi Pilihan
  • D2 mana masa belajar adalah 2 tahun (termasuk belajar bahasa Jepang selama 1 tahun).
  • Civil Engineering and Architecture; Electrical and Electronic Engineering; Wireless Communication; Computer; Information Processing; Nourishment; Cooking; Nursery Teacher Training; Nursing Welfare; Social Welfare; Management; Travel; Bussiness; Harmony Dressmaking; Music; Art; Design; Photograph; dll
  • D3 di mana masa belajar adalah 4 tahun (termasuk belajar bahasa Jepang selama 1 tahun).
  • Kimia : Jurusan yang terkait pada bidang kimia seperti “Materials Engineering” dll.
    Fisika : Jurusan lain seperti “Mechanical Engineering”, “Electrical and Electronic Engineering”, “Information, Communication, and Network Engineering”, “Architecture and Civil Engineering”, Maritime Engineering” dll.
  • S1 di mana masa belajar adalah 5 tahun (termasuk belajar bahasa Jepang selama 1 tahun). Khusus untuk jurusan kedokteran umum, gigi, hewan, dan farmasi masa studi bisa mencapai 7 tahun
  • IPS : Laws, Politics, Pedagogy, Sociology, Literature, History, Japanese language, Economics, Business Administration, and others.
    IPA-a : Science (Mathematics, Physics, Chemistry); Electric and Electronic Studies (Electronics, Electrical Engineering, Information Engineering); Mechanical Studies (Mechanical Engineering, Naval Architecture); Civil Engineering and Architecture (Civil Engineering, Architecture, Environmental Engineering); Chemical Studies (Applied Chemistry, Chemical Engineering, Industrial Chemistry, Textile Engineering); and other fields (Metallurgical Engineering, Mining Engineering, Maritime Engineering, Biotechnology)
    IPA-b : Agricultural Studies (Agriculture, Agricultural Chemistry, Agricultural Engineering, Animal Science, Veterinary Medicine, Forestry, Food Science, Fisheries); Hygienic Studies (Pharmacy, Hygienics, Nursing); Science (Biology)
    IPA-c : Medicine; Dentistry
Cakupan Beasiswa
Beasiswa yang diberikan meliputi:
  • Uang pendaftaran dan ujian masuk universitas
  • Biaya kuliah
  • Tiket ekonomi Jakarta – Jepang (pulang pergi)
  • Tunjangan per bulan 117.000 yen untuk tahun 2012. Untuk tunjangan tahun 2013 ada kemungkinan terjadi perubahan nominal
  • Tidak ada ikatan dinas
Tahapan Pendaftaran
  • Mengisi formulir sesuai program yang diingikan. Teman-teman hanya boleh mendaftar pada 1 program, apakah D2, D3 atau S1. Silakan download formulir D2formulir D3formulir S1 (langsung klik linknya saja).
  • Kirimkan formulir, fotokopi ijazah,  fotokopi nilai ijazah, fotokopi rapor kelas 3 semester 2 (jika belum ada bisa minta surat keterangan dari sekolah) ke alamat yang ada di bagian bawah artikel.
  • Bagi kandidat yang lolos seleksi dokumen, akan dipanggil untuk mengikuti tes tertulis pada bulan Juli. Soal ujian menggunakan bahasa Inggris.
    • D2: Bahasa Inggris dan Matematika
    • D3: Matematika dan Fisika/Kimia
    • S1: Bahasa Inggris dan Matematika (IPS), Bahasa Inggris, Matematika, Kimia dan Fisika (IPA-a), Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Biologi (IPA-b,c)
    • Bagi kandidat yang lolos tes tertulis, akan dipanggil untuk mengikuti wawancara di Jakarta pada bulan Agustus. Wawancara diadakan dalam bahasa Indonesia
    • Bagi kandidat yang lolos wawancara, akan direkomendasikan ke Monbukagakusho
    • Pengumuman penerima beasiswa akan ditetapkan pada bulan Januari 2013.
Deadline
Semua dokumen yang dibutuhkan terkait beasiswa ke Jepang ini harus sudah diterima paling lambat 15 Juni 2012 (bukan cap pos), jadi sebaiknya begitu dokumen-dokumennya sudah lengkap, teman-teman bisa langsung mengirimkan aplikasinya ke salah satu alamat berikut:
  • Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
    Jl. M.H.Thamrin 24 Jakarta 10350 Telp. 021 – 319 24308 ps. 175, 176, dan 178
  • Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya
    Jl. Sumatera No. 93, Surabaya Telp. 031 – 503 0008
  • Konsulat Jenderal Jepang di Medan
    Wisma BII Lt. 5, Jl. P. Diponegoro No. 18, Medan Telp. 061 – 457 5193
  • Kantor Konsuler Jepang di Makassar
    Jl. Jend. Sudirman No. 31, Makassar Telp. 0411 – 871 030
Lain-lain
Penerima beasiswa ketika lulus S1 bisa melanjutkan studi S2, ketika lulus D2 atau D3 bisa melanjutkan ke S1 sebagai mahasiswa tahun ketiga. Untuk memperoleh beasiswa akan dipertimbangkan berdasarkan prestasi dan hasil seleksi. Perpanjang beasiswa maksimal 2 tahun.
PS: Seperti biasa, kalau teman-teman ada pertanyaan silakan tinggalkan di komentar, nanti kita akan menjawab secara bersamaan di dalam artikel terpisah. Mohon pengertian dari teman-teman kalau kita tidak bisa membalas satu per satu ya :)

Komentar

  1. hem gan kalo misalnya saya yang dari smk bukan sma bisa ga ya/ mohon balasannya

    BalasHapus
  2. @Odniel Barachiel bisa silakan aja langsung dicoba, sebelum telat dan kemudian menyesal :D

    BalasHapus
  3. ijazahnya itu ijazah SMP kan? Terus sy msh kelas 2 jd untuk rapor kls 3 blm ada jd bgmn?
    Thanks

    BalasHapus
  4. gan,, itu bener pake raport semester 2 kelas 3 ? bukannya udah gaada raport lagi ya ?

    BalasHapus
  5. @Anonim ini untuk beasiswa kuliah, untuk SMP belum ada.

    BalasHapus
  6. @zainul_ahmad iya gan, tapi memang benar harus disertakan fotokopi raportnya. :)

    BalasHapus
  7. mau nanya, saya lia ,saya baru kelas dua tahun ini tahun depan lulus SMA, ikut program akselerasi.
    bisa tidak saya ikut daftar beasiswa ini??

    BalasHapus
  8. mau nanya saya lia, baru kelas 2 thn ini, saya ikut program akselerasi tahun depan lulus. saya bisa tidak ikut beasiswa? tapi nilai rapor saya yang ada cuma semester 1,2 dan 4 bagaimnana??

    BalasHapus
  9. @kimi no koto ga suki da kara
    Maaf baru, pendaftaran beasiswa sudah ditutup tanggal 15 Juni. Mungkin lia bisa ikut apply beasiswa tahun depan. Jangan sampai telat lagi yah. tetap baca terus perkembangan beasiswa jepang di blog ini :)

    BalasHapus
  10. Tahun depan ada lagi beasiswanya??

    BalasHapus
  11. @Anonim Insya Allah ada lagi kok, Pemerintah jepang memang setiap tahunnya rutin memberikan beasiswa ini. So, pantengin aja terus blog ini untuk info selanjutnya :D

    BalasHapus
  12. lahir tahun 1996 bulan januari bisa ikut gak?

    BalasHapus
  13. TERIMA KASIH ATAS INFONYA YA KAK AHMAD dkk.

    TENDY BINTANG P. S SMAZAPO

    BalasHapus

Posting Komentar

Ayo utarakan saran atau tambahan atau bahkan kritik lewat Komentar

Postingan populer dari blog ini

30 Karya Fotografi Siluet Yang Keren

Dalam fotografi , siluet   didefinisikan   sebagai garis   yang muncul dan berwarna  gelap   dengan latar belakang   cahaya.   Ini menghasilkan  sebuah  hasil yang sangat   mengesankan dan   akan dianggap   sebagai pilihan terbaik  ketika   seniman   ingin   menyampaikan   drama, dan   emosi dalam  foto-fotonya .   Bagian belakang - pencahayaan   dari   segala  bayangan   matahari   ke arah kamu   dan menghasilkan   efek ini. Strategi dasar   Anda harus   mempekerjakan dalam   mengambil gambar   siluet   adalah untuk menempatkan   subjek di   depan beberapa   sumber   cahaya dan   kamera   untuk mendorong   Anda untuk membuat   pandangannya   yang didasarkan   pada bagian  terang dari   gambar Anda. Berikut ini kami tampilkan koleksi karya-karya terhebat yang menjelaskan konsep tentang siluet. Silakan dinikmati atau mungkin bisa kamu donlod dan dijadikan wallpaper dekstop kamu hehe.

10 Seniman Dengan Bayaran Tertinggi 2010

Apa yang diperlukan untuk menjadi salah satu musisi dengan bayaran tertinggi di tahun 2010? yupp !! sebuah konsistensi karir mereka, hampir setengah dari seniman yang ada dalam daftar berikut adalah musisi - musisi yang telah lama berkiprah di dunia seni dan kembali muncul kepermukaan bersaing dengan para pendatang baru. Sebuah pertunjukkan seni bisa dikatakan sukses atau berhasil itu tergantung dari siapa yang perform di acara itu. Berikut 10 seniman dengan bayaran tertinggi di tahun 2010. 10. Black Eyed Peas $48 million Sejak terjun ke dunia seni di awal tahun 2000-an, Black Eyed Peas telah di undang dimana - mana dari acara Super Bowl pre-game sampai ke diskusi politik di CNN. Sebuah tur keliling dunia dimulai dari swiss ke meksiko  dengan meraup sekitar $ 800,000 dalam semalam.  9. Kenny Chesney $50 million Chesney kembali melanjutkan karirnya dalam industri musik Country dengan melakukan berbagai kegiatan tur. Pada tahun 2009 lalu Chesney mendapatkan $ 71 juta dan sekitar $

Mobil Kepresidenan RI yang Pertama

Setiap kepala Negara memiliki mobil kepresidenan sebagai kendaraan dinas sehari-hari. Zaman Presiden Soekarno, Indonesia juga telah memiliki sejumlah mobil kepresidenan. Mobil-mobil itu sekarang disimpan dalam Museum Gedung Joeang ’45, Jakarta. Kendaraan dinas Presiden dan Wakil Presiden Ri yang pertama adalah mobil Buick-8 dan DeSoto. Mobil Buick-8 digunakan oleh Presiden Soekarno pada masa selepas proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kendaraan berpelat nomor Rep-1 ini banyak berjasa karena turut mendukung Presiden Soekarno dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dalam periode 1945-1949. Cerita tentang bagaimana Buick-8 ini menjadi mobil kepresidenan cukup unik. Pada tahun 1945, Ketua Barisan Banteng, Sudiro, menemukannya dibelakang kantor Departemen Perhubungan yang digunakan Jepang. Gedung ini sekarang menjadi kantor Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di Jalan Merdeka Timur, Jakarta. Sudiro paham, Buick-8 bukanlah mobil sembarangan. Ia lantas membujuk supirnya untu