Langsung ke konten utama

Launching SNMPTN 2011


Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pola penerimaan mahasiswa baru program Sarjana pada Perguruan Tinggi melalui pola seleksi secara nasional dilakukan oleh seluruh Perguruan Tinggi secara bersama untuk diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.
Berdasarkan rapat Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Jakarta pada tanggal 30 Oktober 2010, para Rektor Perguruan Tinggi Negeri dibawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru secara nasional dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
Sesuai dengan Permendiknas Nomor 34 Tahun 2010, SNMPTN akan dilaksanakan melalui 1) Jalur ujian tertulis dan/atau keterampilan, dan 2) Jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik.
Berdasarkan hal tersebut, hari ini (12/1) Kemdiknas mengadakan konferensi pers yang dihadiri oleh Mendiknas, Dirjen Dikti, Wadirut Bank Mandiri, serta beberapa Rektor yang ada dalam kepanitiaan SNMPTN. Wakil Direktur Bank Mandiri Riswinandi mengatakan Bank Mandiri telah mengembangkan system teknologi informasi untuk mempermudah pendaftaran SNMPTN, sehingga calon mahasiswa tidak perlu datang ke kampus atau panitia local untuk mengisi formulir pendaftaran. “Para calon mahasiswa maupun orang tua dapat mengakses website SNMPTN untuk mendaftar dimana saja melalui jaringan internet. Pembayarannya pun dapat dilakukan secara online di seluruh jaringan Bank Mandiri”, ucap Riswinandi.
Mendiknas Mohammad Nuh mengemukakan pendaftaran sekaligus pembayaran yang dapat dilakukan secara online merupakan salah satu upaya kementerian dalam meningkatkan efisiensi dan member kemudahan bagi seluruh calon mahasiswa dalam mendaftar SNMPTN. “Banyaknya jalur masuk PTN dengan biaya pendaftaran yang berbeda dikhawatirkan akan mengurangi kesempatan calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk membeli formulir seleksi masuk PTN. Melalui SNMPTN calon mahasiswa hanya perlu mendaftar satu kali dan bisa memilih PTN mana saja. Setiap calon mahasiswa dimanapun dia berada bisa memilih dan mengikuti seleksi PTN yang diminati, ini merupakan bagian dari upaya untuk efisiensi dan optimalisasi”, ujar Mendiknas.
Sementara itu Dirjen Dikti Djoko Santoso mengatakan, “daya tampung SNMPTN 20% atau sekitar 120 ribu orang. Dari jalur undangan peminat masuk PTN juga sudah banyak.”
Ketua Umum Panitia SNMPTN yang juga Rektor IPB Herry Suhardiyanto mengatakan, “kami ingin seluruh calon mahasiswa di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri dan mendapatkan kemudahan dalam proses pendaftaran.” Beliau juga mengungkapkan bahwa dana akan dikelola oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai pengelola keuangan SNMPTN hal ini didasarkan bahwa UNY adalah salah satu Perguruan Tinggi BLU terbaik di Indonesia.
Jadwal Penting
Jadwal berikut merupakan jadwal-jadwal penting yang harus diketahui peserta SNMPTN 2011.
NoTanggalKegiatan
11 Februari – 12 Maret 2011Pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan
221 Maret – 9 April 2011Proses Seleksi Pilihan I di PTN Masing-masing
315 – 16 April 2011Penetapan Hasil Seleksi Tahap I
418 April – 7 Mei 2011Proses Seleksi Pilihan II di PTN Masing-masing
513 – 14 Mei 2011Penetapan Hasil Seleksi Akhir SNMPTN Jalur Undangan
618 Mei 2011Pengumuman Hasil SNMPTN Jalur Undangan
731 Mei  dan/atau 1 Juni 2011Pra Registrasi dan Registrasi SNMPTN Jalur Undangan
   
82 – 24 Mei 2011Pendaftaran SNMPTN Jalur Ujian Tertulis/Keterampilan
931 Mei – 1 Juni 2011Pelaksanaan Ujian Tertulis
103 – 4 Juni 2011Pelaksanaan Ujian Keterampilan
1126 – 28 Juni 2011Penetapan Hasil SNMPTN Jalur Ujian Tertulis/Keterampilan
1230 Juni 2011Pengumuman Hasil SNMPTN Jalur Ujian Tertulis/Keterampilan

13Juli 2011Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri PTN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

30 Karya Fotografi Siluet Yang Keren

Dalam fotografi , siluet   didefinisikan   sebagai garis   yang muncul dan berwarna  gelap   dengan latar belakang   cahaya.   Ini menghasilkan  sebuah  hasil yang sangat   mengesankan dan   akan dianggap   sebagai pilihan terbaik  ketika   seniman   ingin   menyampaikan   drama, dan   emosi dalam  foto-fotonya .   Bagian belakang - pencahayaan   dari   segala  bayangan   matahari   ke arah kamu   dan menghasilkan   efek ini. Strategi dasar   Anda harus   mempekerjakan dalam   mengambil gambar   siluet   adalah untuk menempatkan   subjek di   depan beberapa   sumber   cahaya dan   kamera   untuk mendorong   Anda untuk membuat   pandangannya   yang didasarkan   pada bagian  terang dari   gambar Anda. Berikut ini kami tampilkan koleksi karya-karya terhebat yang menjelaskan konsep tentang siluet. Silakan dinikmati atau mungkin bisa kamu donlod dan dijadikan wallpaper dekstop kamu hehe.

10 Seniman Dengan Bayaran Tertinggi 2010

Apa yang diperlukan untuk menjadi salah satu musisi dengan bayaran tertinggi di tahun 2010? yupp !! sebuah konsistensi karir mereka, hampir setengah dari seniman yang ada dalam daftar berikut adalah musisi - musisi yang telah lama berkiprah di dunia seni dan kembali muncul kepermukaan bersaing dengan para pendatang baru. Sebuah pertunjukkan seni bisa dikatakan sukses atau berhasil itu tergantung dari siapa yang perform di acara itu. Berikut 10 seniman dengan bayaran tertinggi di tahun 2010. 10. Black Eyed Peas $48 million Sejak terjun ke dunia seni di awal tahun 2000-an, Black Eyed Peas telah di undang dimana - mana dari acara Super Bowl pre-game sampai ke diskusi politik di CNN. Sebuah tur keliling dunia dimulai dari swiss ke meksiko  dengan meraup sekitar $ 800,000 dalam semalam.  9. Kenny Chesney $50 million Chesney kembali melanjutkan karirnya dalam industri musik Country dengan melakukan berbagai kegiatan tur. Pada tahun 2009 lalu Chesney mendapatkan $ 71 juta dan sekitar $

Mobil Kepresidenan RI yang Pertama

Setiap kepala Negara memiliki mobil kepresidenan sebagai kendaraan dinas sehari-hari. Zaman Presiden Soekarno, Indonesia juga telah memiliki sejumlah mobil kepresidenan. Mobil-mobil itu sekarang disimpan dalam Museum Gedung Joeang ’45, Jakarta. Kendaraan dinas Presiden dan Wakil Presiden Ri yang pertama adalah mobil Buick-8 dan DeSoto. Mobil Buick-8 digunakan oleh Presiden Soekarno pada masa selepas proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kendaraan berpelat nomor Rep-1 ini banyak berjasa karena turut mendukung Presiden Soekarno dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dalam periode 1945-1949. Cerita tentang bagaimana Buick-8 ini menjadi mobil kepresidenan cukup unik. Pada tahun 1945, Ketua Barisan Banteng, Sudiro, menemukannya dibelakang kantor Departemen Perhubungan yang digunakan Jepang. Gedung ini sekarang menjadi kantor Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di Jalan Merdeka Timur, Jakarta. Sudiro paham, Buick-8 bukanlah mobil sembarangan. Ia lantas membujuk supirnya untu