Langsung ke konten utama

Provokasi Korea Utara Terhadap Korea Selatan

Dua Negara serumpun dilain belahan dunia sana, Korea Utara dan Korea Selatan, berada diambang perang. Korsel meningkatkan kekuatan militer di lima pulau di Laut Kuning. Adapun Korut mengancam akan menyerang lebih intensif lahi jika AS-Korsel jadi menggelar latihan perang bersama.


Memang di sekitar laut tersebut sebelumnya sudah terjadi persaingan antar negara. Jepang dan Rusia terlibat perseteruan di sekitar Pulau Hokaido, Jepang dan China sama-sama mengklaim pulau - pulau di Laut Cina Selatan ( P. Senkaku ke Jepang, P. Diaoyu ke China ), beberapa negara juga mengklaim atas Spratley, namun  garis pantai Laut Kuning dimana disitulah perbatasan antara Korea Utara dan Korea Selatan adalah perseteruan yang lebih explosif diantara semuanya.

Lebih dari itu Korea Utara juga sebelumnya telah menggetarkan dunia dengan aksi Nuklirnya. Nuklir Korut telah mengguncangkan keseimbangan di Asia Timur. Waktu itu tebersit kekhawatiran, bagaimana kalau Jepang dan Korea Selatan lalu mengikuti jejak Korut? wah wahh wahh

Memang sih saat itu muncul perkiraan, daya ledakan nuklir Korut lebih rendah dibandingkan dengan uji nuklir pertama negara lain, yaitu 1 kiloton atau kurang. Padahal biasanya uji nuklir pertama menghasilkan daya ledak 10 kiloton - 60 kiloton.

China, sekutu utama Korut, juga prihatin dan memperingatkan kemungkinan pecahnya perang jika Korsel-AS jadi menggelar latihan bersama. Beijing bahkan melihat latihan bersama militer AS-Korsel dapat menambah ketegangan. Kaum nasionalis garis keras China menyerukan tindakan militer jika AS memasuki perairan China.

Sebaliknya Korsel, AS, dan Jepang, serta Australia mendesak China menggunakan pengaruhnya atas Korut untuk menghentikan provokasi.



"Firasat saya mengatakan bahwa Korea Utara telah memetik dan memilih titik dari tujuan mereka. Mereka sangat terfokus. Mereka menyerang pom bensin, landasan Helikopter dan situ s komando dan kontrol, dan tangki air. Segala sesuatu yang berkaitan dengan operasi militer, telah benar-benar mereka hancurkan" kata anggota konggres Sun Young-sun, seorang anggota yang cukup berpengaruh di National Assembly's Defense Committee.
Ketika ditanya mengapa Korea Utara melakukan serangan, Dia berkata:
"Saya pikir mereka melakukan ini untuk dua tujuan. Satu untuk Korea Selatan: Mereka adalah sewenang-wenang menyarankan garis perbatasan maritim yang berbeda dari batas utara kami. Mereka mencoba untuk memverifikasi apa yang mereka mau,  sehingga mereka lakukan semacam  pelatihan."
" Dua, apakah Kim Jong Un ingin menunjukkan pengaruh atas kekuasaannya, karena ia membutuhkan  waktu yang sangat cepat untuk membuktikan dalam waktu beberapa tahun bahwa ia kuat dan memenuhi syarat untuk sukses. "
Sekarang konflik diantara kedua belah pihak tersebut telah mengundang mata dunia tertuju pada mereka. Korut dan Korsel hampir perang, mungkin tinggal menunggu waktu yang pas untuk memulai kejadian yang meneruskan sejarah mereka. Sama halnya dengan negara kita juga sedang terlibat perseteruan. Negara serumpun juga layaknya mereka. Indonesia dan Malaysia sempat terjadi kekisruhan yang membuat warga Indonesia menjadi panas. Di awali dengan perebutan Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan, kemudian menyusul Pulau Amabalat di perairan Sulawesi dan kasus TKI kita yang teraniaya disana. Tapi semoga saja Negara kita tidak seperti mereka. Aminn hhe
Kalau antara negara kita dengan Malaysia biasanya Malaysia yang mulai lebih dulu, kalau ini yang mulai lebih dulu adalah Korut. Berikut TimeLine Provokasi Korea Utara terhadap Korea Selatan :
25 Juni 1950
Pecah Perang Korea setelah Korea Utara menyerbu Korea Selatan
18 Desember 1965
Tim komando Korea Utara (31 orang) menyusup ke Seoul dan berusaha meledakkan Istana Kepresidenan Korea Selatan. Sebanyak 29 penyusup tewas, 1 tertangkap dan 1 bunuh diri.
Januari 1967

Kapal perang Korea Selatan diserang dekat perbatasan. 39 pelaut tewas.

30 Oktober 1968
Korea Utara mengirim 130 gerilyawan ke pantai timur Korea Selatan. Korban tewas 100 orang dan 7 orang ditangkap.

9 Oktober 1983
Agen-agen Korea Utara menyerang rombongan Presiden Korea Selatan di Yangon, Myanmar. Sekitar 16 orang tewas, empat diantaranya menteri Korsel.

29 November 1996
Maskapai penerbangan Korea Selatan dibom, 115 orang tewas.

17 September 1996
Sebuah kapal selam Korea Utara dengan 26 anggota pasukan komando menyusup pantai timur Korea Selatan. Korban tewas 24 orang, 1 tertangkap dan melarikan diri.

15 Mei 1999
Bentrokan di Laut Kuning diikuti sembilan hari penyerangan oleh Korea Utara ke perairan Korea Selatan. Korban tewas 80 orang dan 1 kapal tenggelam.

29 Juni 2002
Kapal Laut militer Korea Selatan dan Korea Utara bentrok, saling tembak, diperbatasan laut barat kedua negara. Jumlah korban tewas 4 orang, 1 hilang, 18 terluka dan 1 kapal tenggelam.

20 Febuari 2003
Sebuah pesawat tempur MiG-19 milik Korea Utara melanggar wilayah udara Korea Selatan. Tidak ada korban.

1 November 2004
Tiga kapal patroli Korea Utara yang melintasi perbatasan diusi oleh kapal patroli Korea Selatan. Tidak ada korban.

10 November 2009
Bentrok kapal laut Korea Utara dan kapal laut Korea Selatan di perbatasan. Jumlah korban: 1 tewas, 3 terluka dan 1 kapal terbakar.

26 Maret 2010
Kapal Perang Cheonan di perbatasan Korsel-Korut diserang. Pihak Korea Selatan menduga Korea Utara ada dibalik insiden. Korban tewas 46 orang.

9 Agustus 2010
Pasukan Korea Utara menembakkan 130 peluru artileri ke arah perairan Korea Selatan setelah Korsel menutup latihan tempur antikapal selam. Tidak ada korban.

23 November 2010
Militer Korea Utara menghujani Pulau Yeongpyeong di Korea Selatan dengan tembakan meriam artileri. Sebanyak 2 orang tewas, 4 kritis dan 16 terluka, serta belasan rumah rusak.

Kita sebagai warga negara dunia hanya bisa berdoa untuk menghentikan semua konflik yang terjadi antara mereka supaya segera mereda.

sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

30 Karya Fotografi Siluet Yang Keren

Dalam fotografi , siluet   didefinisikan   sebagai garis   yang muncul dan berwarna  gelap   dengan latar belakang   cahaya.   Ini menghasilkan  sebuah  hasil yang sangat   mengesankan dan   akan dianggap   sebagai pilihan terbaik  ketika   seniman   ingin   menyampaikan   drama, dan   emosi dalam  foto-fotonya .   Bagian belakang - pencahayaan   dari   segala  bayangan   matahari   ke arah kamu   dan menghasilkan   efek ini. Strategi dasar   Anda harus   mempekerjakan dalam   mengambil gambar   siluet   adalah untuk menempatkan   subjek di   depan beberapa   sumber   cahaya dan   kamera   untuk mendorong   Anda untuk membuat   pandangannya   yang didasarkan   pada bagian  terang dari   gambar Anda. Berikut ini kami tampilkan koleksi karya-karya terhebat yang menjelaskan konsep tentang siluet. Silakan dinikmati atau mungkin bisa kamu donlod dan dijadikan wallpaper dekstop kamu hehe.

10 Seniman Dengan Bayaran Tertinggi 2010

Apa yang diperlukan untuk menjadi salah satu musisi dengan bayaran tertinggi di tahun 2010? yupp !! sebuah konsistensi karir mereka, hampir setengah dari seniman yang ada dalam daftar berikut adalah musisi - musisi yang telah lama berkiprah di dunia seni dan kembali muncul kepermukaan bersaing dengan para pendatang baru. Sebuah pertunjukkan seni bisa dikatakan sukses atau berhasil itu tergantung dari siapa yang perform di acara itu. Berikut 10 seniman dengan bayaran tertinggi di tahun 2010. 10. Black Eyed Peas $48 million Sejak terjun ke dunia seni di awal tahun 2000-an, Black Eyed Peas telah di undang dimana - mana dari acara Super Bowl pre-game sampai ke diskusi politik di CNN. Sebuah tur keliling dunia dimulai dari swiss ke meksiko  dengan meraup sekitar $ 800,000 dalam semalam.  9. Kenny Chesney $50 million Chesney kembali melanjutkan karirnya dalam industri musik Country dengan melakukan berbagai kegiatan tur. Pada tahun 2009 lalu Chesney mendapatkan $ 71 juta dan sekitar $

Mobil Kepresidenan RI yang Pertama

Setiap kepala Negara memiliki mobil kepresidenan sebagai kendaraan dinas sehari-hari. Zaman Presiden Soekarno, Indonesia juga telah memiliki sejumlah mobil kepresidenan. Mobil-mobil itu sekarang disimpan dalam Museum Gedung Joeang ’45, Jakarta. Kendaraan dinas Presiden dan Wakil Presiden Ri yang pertama adalah mobil Buick-8 dan DeSoto. Mobil Buick-8 digunakan oleh Presiden Soekarno pada masa selepas proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kendaraan berpelat nomor Rep-1 ini banyak berjasa karena turut mendukung Presiden Soekarno dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dalam periode 1945-1949. Cerita tentang bagaimana Buick-8 ini menjadi mobil kepresidenan cukup unik. Pada tahun 1945, Ketua Barisan Banteng, Sudiro, menemukannya dibelakang kantor Departemen Perhubungan yang digunakan Jepang. Gedung ini sekarang menjadi kantor Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di Jalan Merdeka Timur, Jakarta. Sudiro paham, Buick-8 bukanlah mobil sembarangan. Ia lantas membujuk supirnya untu