Rabu, 10 November 2010

Home » , » Cadillac One, Mobil Super Aman untuk Sang Presiden

Cadillac One, Mobil Super Aman untuk Sang Presiden

Posted by Ahmad Fajar on 12.42 0 komentar


Kedatangan Presiden AS Barack Obama ke Indonesia, sudah pasti juga disertai dengan kehadiran mobil limousine kepresidenan teranyarnya, Cadillac One.
Mobil ini sendiri mulai beroperasi sejak Obama mulai dilantik pada awal tahun lalu. Tampilan limo ini mengambil beberapa desain milik model mobil lain, seperti sedan sport CTS maupun Escalade. 
Kendati ukuran Cadillac One kurang lebih sama dengan ukuran mobil-mobil kepresidenan AS sebelumnya, namun model mobil besutan General Motors ini terlihat lebih tegak. 
Kendaraan ini didesain dan dikembangkan oleh para spesialis yang menggunakan standar keamanan tertinggi, termasuk tahan dari serangan roket dan bahan kimia, mengingat kendaraan ini bisa jadi merupakan sasaran utama bagi target pembunuhan.
Ilustrasi Cadillac One di bawah ini setidaknya menjelaskan berbagai fungsi dan kelebihan yang dimiliki kendaraan ini.
Harga: 300 ribu poundsterling atau sekitar Rp 4,2 miliar
Lebar: 18 feet atau 5,5 m
Tinggi: 5 feet 10 inchi atau 1,8 m
Mesin: 6,5 liter 
Bahan bakar: Diesel
Konsumsi bahan bakar: sekitar 8 mil per galon atau 3,4 km per liter
Kecepatan maksimum: 60 mph atau sekitar 97 km/ jam
Akselerasi 0-60 mph: 15 detik

Casis
Dibuat dari pelat baja lima inchi yang didesain untuk bisa tahan dari bom yang diletakkan di bagian bawah mobil.
Bodi
Kombinasi dari baja, aluminium, titanium, dan keramik yang akan tahan dari tembusan berbagai macam proyektil.
Supir
Supir kepresidenan telah dilatih oleh CIA untuk bisa mengendarai kendaraan dalam berbagai keadaan genting. 
Kaca Depan
Bisa menahan peluru penembus perisai (peluru yang didesain bisa menembus tank), merupakan satu-satunya kaca yang bisa dibuka agar supir tetap bisa membayar tol atau berkomunikasi dengan agen secret service yang berada di sekeliling mobil.
Pintu
Pintu lapis baja setebal delapan inchi dengan bobot seberat pintu kabin pesawat jet Boeing 757.
Kompartemen Supir
Dilengkapi dengan steering wheel standar, sistem penjejak GPS dan sistem komunikasi yang terintegrasi pada dasbor.
Ban
Terbuat dari bahan kevlar yang dilengkapi dengan sabuk baja, sehingga antirusak dan tahan bocor. Walaupun diledakkan, ban akan tetap kuat sehingga mobil akan tetap bisa melarikan diri dari serangan.
Aksesoris Pertahanan
Dilengkapi dengan kamera-kamera night vision, shotgun, maupun kanon gas air mata. Mobil juga menyediakan cadangan darah presiden, bila sewaktu-waktu ia membutuhkan transfusi darah darurat.
Kompartemen Belakang
Bisa memuat empat penumpang dan dipisahkan dengan partisi kaca yang hanya bisa dinaik turunkan oleh Presiden Obama. Jendelanya lebih bear daripada kendaraan kepresidenan sebelumnya. Tombol Panic Button juga disediakan bila sewaktu-waktu Presiden meminta pertolongan.
Kursi Belakang
Kursi Obama, memiliki berbagai fitur termasuk desktop yang bisa dilipat, komputer laptop, saluran WiFi, ponsel satelit, dan sambungan langsung kepada wakil presiden dan Pentagon.
Tangki Bensin
Dilapis baja dan didesain khusus dengan foam yang mencegahnya dari meledak walaupun dihajar langsung oleh tembakan atau sejenisnya.
Boot
Menyediakan suplai oksigen dan sistem pemadaman kebakaran.
Canggih banget kan, ckck hebat ya Amerika pengamanannya itu. Semuanya diawasi dengan sangat ketat hanya untuk melindungi kepala negaranya itu. Pada saat datang ke Indonesia, Presiden Obama juga terbang dengan pesawat khusus kepresidenan yang super canggih. Nantikan postingan berikutnya tentang Pesawat Obama.


0 Responses so far:

Leave a Reply

Ayo utarakan saran atau tambahan atau bahkan kritik lewat Komentar