Minggu, 31 Oktober 2010

Home » , , » Pesta Blogger 2010+ : Sukses !

Pesta Blogger 2010+ : Sukses !

Posted by Ahmad Fajar on 13.54 4 komentar

Pesta Blogger 2010+ sukses digelar kemarin tanggal 30 Oktober di Rasuna Epicentrum Walk. Susunan Acara dari pembukaan sampai penutupan berjalan dengan sesuai rencana. Hampir semua komunitas blogger dari seluruh Indonesia datang ketempat tersebut. Ada yang dari Aceh, Bogor,  Surabaya, Semarang, Manado, Makkasar sampai Papua juga datang loh demi menyemarakan event blogger terbesar itu. Oleh karena itu, Pesta Blogger 2010+ mengusung tema “Merayakan Keragaman”.

Sebenarnya Pesta Blogger itu apa sih?

Tapi mungkin hamper semua blogger sudah tau apa itu pestablogger. Tapi bagi yang tidak tau, mungkin sedikit dari ini bisa dimengerti. Pesta Blogger merupakan ajang temu nasional Blogger seluruh Indonesia. Pesta Blogger pertama digelar pada tanggal 27 Oktober 2007 sebagai forum alternative bagi para blogger di Indonesia untuk bertatap muka secara langsung, bertukar informasi, memicu diskusi, serta memperluas jaringan. Pada kesempatan tersebut, Menkominfo pada saat itu Muhammad Nuh juga menetapkan tanggal penyelenggaraan Pesta Blogger yang pertama sebagai Hari Blogger Nasional.

Sedangkan tahun ini, ajang temu ini bukan hanya untuk para blogger saja namun juga untuk para onliners dari berbagai platform seperti, Kaskuser, Foursquare, Twitter, Facebook, Flickr, DeviantArt, Koprol, Myspace dan masih banyak lagi. Karena itu, tema Pesta Blogger+ tahun ini mempunyai semangat yang sama : yakni “Merayakan Keragaman” karena lewat event ini, Pesta Blogger+ hendak merangkul dan merayakan berbagai komunitas online yang berbeda-beda dan mengajak mereka untuk saling bertemu muka untuk menyaksikan hal-hal inspiratis yang muncul ketika orang-orang di dunia online berkumpul secara offline.

Kemarin saya datang sendirian saja huhu. Belum sempat bergabung dengan komunitas blogger. Namun saya disana tidak merasa sendirian, banyak orang-orang yang senang diajak berkenalan. Ketika itu, saya datang acara sudah memasuki sesi sambutan-sambutan. Sambutan tersebut disampaikan oleh orang-orang yang hebat di bidangnya, seperti Chairwoman Pesta Blogger 2010+ Irayani Queencyputri ( i-rara.com ), Kedubes AS, Acer Indonesia dan tentunya Mendiknas Muhammad Nuh.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan penampilan yang sangat mengajak untuk berjoget yaitu Saykoji. Antusiasme para onliners dan blogger tak terbendung ketika mereka menyanyikan Narsis dan Online tentunya. Kemudian ada juga Pandji Pragiwaksono yang menjelaskan kaleidoskop Medsos(Media Sosial) di Indonesia sepanjang tahun 2010. Dia membawakannya sangat bagus, penonton bisa ikut mendengarkan omongannya itu dan seperti biasa, Pandji membawakan dengan sedikin lelucuan khasnya dia “unyu” hihihi. Kemudian juga ada penampilan dari Adhitia Sofyan yang bersedia tampil tidak dibayar.

Berhubung perut sudah keroncong, akhirnya kita break sejenak untuk lunch. Kemudian dilanjutkan dengan acara Break Out Sessions yang masing-masing memiliki topik tertentu. Ketika itu saya mengikuti acara dengan tema Blog & Komik / membuka ruang baru yang dibawakan oleh Diki Andeas (Niwatori) dan rekannya Richoz. Mereka menjelaskan step – step bagaimana membuat komik yang lucu dan unik kemudian mepublikasikannya lewat blog. Sungguh menarik. Setelah itu acara dilanjutkan dengan Komunitas Sahabat Mata dari semarang. Sahabat Mata ini adalah suatu komunitas yang mana anggotanya sebagian besar adalah tunanetra. Tapi mereka sangat hebat, mendirikan stasiun radio dan yang lebih hebat lagi yaitu Humas mereka. Kenapa? Karena Humas mereka itu lumpuh, Tunanetra, Berbaring di kasur, dan hanya bermodalkan Handphone untuk mengerjakan semua tugasnya itu. Great !

Setelah itu saya mengikuti acara Blog & Strategi Pengembangan Komunitas. Acara ini dipresentasikan oleh yang empunya Tobucil & Klabs. Dia menjelaskan bagaimana caranya membangun sebuah komunitas yang baik serta tepat tujuannya dan bagaimana cara mempublikasikannya secara effektif.

Dan ini cara yang saya tunggu-tunggu yaitu presentasi tentang Optimizing Social Media for Loca Startups #startuplokal. Ini hadiri hamper semua founder-founder startup, seperti kartunama.net, Adadiskon.com, nulisbuku.com, hamilcantik.com, fupei.com dll. Dan yang paling menarik dari acara ini yaitu hadiahnya berupa Handphone Nokia yang keren-keren punya seperti Nokia C3, Nokia 9800, dan satunya saya lupa tapi katanya harga HP tersebut sekitar Rp5,500,000. Tapi sayangnya saya kurang beruntuk untuk mendapatkan hadiah tersebut. Huhu

Kemudian dilanjutkan dengan snack break. Sambil nunggu acara selanjutnya saya keliling dulu ngeliat booth-booth setiap komunitas dan sponsored. Ada juga dari yang lainnya seperti stand Budpar Vote Komodo,hmm ngomong-ngomong kamu udah vote belum? Kalau belum vote dulu dong untuk Pulau Komodo di www.new7wonders.com , stand gantibaju.com, kdri (Kemntrian Design Republik Indonesia), dll.
Dan tibalah acara yang mungkin paling ditunggu-tunggu oleh para pengunjung yaitu pemberian hadiah alias door prize dan pengumuman pemenang blog. Hmmm tapi saying saya lagi-lagi kurang beruntung hhe . Dan inilah mereka-mereka yang berhasil keluar sebagai pemenangnya dan memang pantas diberikan untuk mereka.

Waduhh udah mulai gelap nih, maka dari itu acaara ditutup dengan tarian saman yang memukau dari Samaners UI. Ada juga Penampilan White Shoes and The Cuples Company. Akhirnya berakhirlah event terbesar para bloggers dan onliners tersebut. Semuanya melebur menjadi satu, sungguh acara yang sangat bagus. Dan jujur saya juga baru pertama kali datang ke Pesta Blogger ini. Oke Kita nantikan terobosan apa yang akan diusung untuk PB 2011 tahun depan. Terima kasih Maverick yang telah sukses mengadakan Pesta Blogger ini dan tentunya pihak-pihak yang telah berkontribusi dalam ajang ini. Sampai Berjumpa Di Pesta Blogger 2011.

*sorry belum ada pic, saya lagi resize ulang karena ukuran terlalu besar huhh


4 Responses so far:

Remaja Helda mengatakan... [Reply]

Waa.. Sayah ngga dateng ke PB2010, dan belum pernah sih. Hope tahun depan bisa ikutan. :)

mix mengatakan... [Reply]

@Remaja Helda

wahh sayang sekali ya, tp gpp masih ada tahun depan. Kita tunggu tahun depan ya..

tami mengatakan... [Reply]

nice infooo :)

jimmy mengatakan... [Reply]

Sukses buat acaranya..
:D

Leave a Reply

Ayo utarakan saran atau tambahan atau bahkan kritik lewat Komentar