Jumat, 03 September 2010

Home » , » Mengawali Dengan Senyuman, Mengakhiri Dengan Tersenyum

Mengawali Dengan Senyuman, Mengakhiri Dengan Tersenyum

Posted by Ahmad Fajar on 17.11 0 komentar

foto: hmansyah.wordpress.com
Marhaban Yaa Ramadhan, Marhaban Sahru Ngibadah, Marhaban Sahru Sangadah. Tak terasa Bulan Suci Ramadhan ini hampir usai, segala macam usaha untuk mengisi salah satu bulan bagus ini telah dilakukan mulai dari hal yang kecil seperti menyeberangkan nenek tua sampai dengan berzakat di akhir bulan nanti. Segenap madah dan rasa syukur sudah selayaknya kita panjatkan untuk-Nya, karena kita masih diberi kesempatan untuk merasakan kenikmatan bulan penuh berkah ini.

Sebelum bulan suci ini datang, orang-orang bersuka cita menyambut keagungannya. Ada yang menyambut dengan berbagai upacara ritual, pembersihan diri dan bermaaf-maafan. Ada pula yang biasa-biasa saja, tapi pada dasarnya kita bahagia menyambut bulan puasa ini dengan senyuman.

Sebenarnya tugas utama kita di bulan Ramadhan ini apa sih? Mungkin Anda juga pasti sudah tau. Berpuasa, yup puasa selama satu bulan merupakan ibadah utama yang dikerjakan umat islam di Bulan Ramadhan. Shalat Tarawih dan membayar zakat fitrah adalah ibadah lainnya yang khusus dikerjakan di bulan ini. Ibadah utama lainnya adalah membaca Al Quran dan melakukan I'tikaf, khususnya di sepuluh hari terakhir. Sedangkan keberkahan terbesar yang diharapkan oleh umat muslim adalah mendapatkan Lailatul Qadr.

Dan sekarang kita sudah ada di penghujung bulan nan suci ini. Di sepuluh hari terakhir ini merupakan puncakdari Ramadhan, karena terdapat malam yang amat ditunggu kehadirannya oleh seluruh umat muslim di dunia ini, yaitu malam Lailatul Qadr, malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Dan barang siapa yang mendapatkan keberkahan di malam tersebut, maka orang itu nicaya akan berubah kepribadiannya ke yang lebih baik dan juga diampuni sgala perbuatan dosa yang ia lakukan selama 1000 bulan. Coba saja hitung 1 tahun = 12 bulan, 1000 bulan = ... tahun. kalau umur kita sampai sekian tahun tersebut, tapi jika belum sampai maka Insya Allah kita seperti bayi suci yang baeru lahir dari rahim sang bunda tercinta.

Apakah kita sudah memaksimalkan ibadah di bulan puasa tahun ini? 1431 H atau 2010 M ? Marilah kita instropeksi diri, melihat kembali ke belakang pada saat pertama kali bulan Ramadhan ini datang. Jika kita merasa belum atau kurang maksimal, maka gapailah kemenangan kita di sepuluh hari terakhir ini. Insya Allah bisa.

Tak terasa juga tinggal beberapa hari lagi kita akan melaksanakan shalat Ied yang menandakan kemenangan datang. Mari kita akhiri dengan tersenyum lega atau apa yang kita amalkan. Semoga Allah menerima semua amal ibadah kita dio bulan puasa tahun ini dan tahun yang lalu - lalu. Aminn...

Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H
Minal Aidzin Wal Faidzin
Mohon Maaf Lahir dan Bathin


0 Responses so far:

Leave a Reply

Ayo utarakan saran atau tambahan atau bahkan kritik lewat Komentar