Langsung ke konten utama

20 Masjid Terbesar Di Dunia

Masjid adalah tempat ibadah Umat Islam. Semua umat muslim datang ke tempat yang paling mulia ini biasanya untuk menunaikan ibadah, seperti Sholat, Dzikir atau yang lainnya. Mungkin tak perlu dijelaskan panjang lebar lagi tentang masjid, ya menurut saya, Anda pasti sudah tau dan mengenal masjid sejak kecil.

Pada postingan kali ini, saya akan menulis tentang 20 Masjid terbesar di Dunia. Dan Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta, Indonesia berada di urutan lima (5) besar loh. Ingin tahu, Baca terus ke bawah. :)

20. Masjidil Al-Aqsa, Yerusalem, Palestina



Masjid Al-Aqsa juga dikenal sebagai al-Aqsa, adalah salah satu tempat suci umat Islam di Kota Lama Yerusalem. Komplek masjid ini juga dikenal oleh umat islam sebagai al-Haram ash-Sharif atau "Tanah Suci Yang Mulia". Tempat ini oleh umat Yahudi dan Kristen dikenal pula dengan sebutan Bait Suci (bahasa Ibrani: ×”ַר ×”ַבַּ×™ִת, Har haBáyit, bahasa Inggris: Temple Mount), suatu tempat paling suci dalam agama Yahudi yang umumnya dipercaya merupakan tempat Bait Pertama dan Bait Kedua dahulu pernah berdiri. Sebagian besar umat muslim di dunia menyebut masjid ini sebagai situs tersuci ketiga dalam Islam. Kaum Nabi Muhammad  SAW diangkat ke Sidratul Muntaha dari tempat ini setelah sebelumnya dibawa dari Masjid Al-Haram di Mekkah ke Al-Aqsa dalam peristiwa Isra' Mi'raj






19. Masjid e Tooba (Gol Masjid), Karachi, Pakistan



Masjid e Tooba atau Tooba Masjid terletak di Karachi, Sindh, Pakistan. Penduduk Lokal menyebutnya sebagai Masjid Gol. Masjid e Tooba dibangun pada tahun 1969 di Perumahan Pertahanan Society, Karachi merupakan masjid terbesar kesembilan belas di dunia. Masjid ini terletak tak jauh Jalan Utama Korangi. Masjid e Tooba sering diklaim sebagai kubah masjid terbesar di dunia. Dan tempat ini juga menjadi obyek wisata utama di Karachi.  

Masjid e Tooba dibangun dengan marmer putih murni. Kubah dari Masjid e Tooba sekitar 72 meter (236 kaki) diameter, dan seimbang pada dinding sekitarnya rendah tanpa pilar pusat. Masjid e Tooba memiliki menara tunggal seluas 70 meter tingginya. Ruangan dalam Masjid ini memiliki kapasitas 5.000 orang. Arsitek yang merancang keindahan Masjid ini yaitu Dr Babar Hamid Chauhan dari Negaranya sendiri, Pakistan.



18. Masjid Al Fateh ( Masjid Agung Bahrain )



Masjid Al-Fatih yang dikenal sebagai Al-Fatih Islamic Center. Masjid Agung Al Fateh ini termasuk kedelapan belas dari mesjid terbesar di dunia yangmampu menampung lebih dari 7.000 jamaah pada satu waktu. Masjid ini merupakan tempat ibadah terbesar di Bahrain. Masjid yang terletak di sebelah King Faisal Highway di Juffair, yang merupakan kota yang terletak di ibu kota Manama. Jika Anda ingin berkunjung Royal Bahraini Palace, kediaman raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifah, Masjid ini tak jauh dari tempat itu. Terbuat dari apakah kubah yang indah ini? Kubah besar di atas Masjid Al-Fatih terbuat dari fiberglass murni.



17. Masjid Sultan Ahmed , Istanbul, Turki



Masjid Sultan Ahmed adalah sebuah masjid sejarah di Istanbul, kota terbesar di Turki dan ibukota Kekaisaran Ottoman (1453-1923). Masjid ini dikenal sebagai Masjid Biru karena ubin biru yang menghiasi dinding interiornya. Dibangun antara 1609, dan 1616 pada masa pemerintahan Ahmed I. Seperti masjid lain, juga terdiri dari makam pendiri, madrasah dan rumah sakit. Konon Perintis dari terbangunnya Masjid ini adalah Presiden RI yang pertama yaitu Soekarno. Masjid Sultan Ahmed juga dikenal sebagai masjid terbesar ketujuh belas di dunia.



16. Grozny Central Dome Mosque



Masjid yang terletak di Grozny, ibukota Chechnya yang menyandang nama Akhmad Kadyrov. Desain masjid ini didasarkan pada Masjid Biru di Ä°stanbul. Pada tanggal 16 Oktober 2008, masjid ini resmi dibuka dalam sebuah upacara di mana pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov dan Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin. Masjid ini adalah salah satu yang terbesar di Eropa. Jmaah yang mapu tertampung sekitar 10 ribu jamaah yang melakukan sholat dalam waktu yang sama. dan yang menarik dari Masjid ini yaitu menara yang mencapai 60m tingginya.

15. Masjid Baitul Futuh



The Bait'ul Futuh Masjid merupakan masjid terbesar di Eropa Barat dan kelima belas terbesar di dunia dengan luas sekitar 5,2 hektar (21.000 m2). Kompleks masjid dapat menampung hingga 10.000 jamaah. Dibangun pada tahun 2003 dengan biaya sekitar £ 5,5 juta  yang sepenuhnya di dapat dari sumbangan dari Ahmadiyah Muslim Community. Masjid ini terletak di pinggiran London di samping stasiun kereta api Morden Selatan, 150 meter dari Morden Underground.



14. Masjid-e-Aqsa Rabwah, Pakistan



Masjid-e-Aqsa merupakan masjid terbesar dari Ahmadiyah Muslim Community. Batu pondasi yang telah diletakkan pada tahun 1966 dan peresmian gedung yang erlangsung pada tanggal 31 Maret 1972. Masjid ini adalah masjid utama Ahmadiyah di Rabwah untuk 12.000 jamaah. Desain Masjid ini dibuat oleh Abdul Rashid atas permintaan Mirza Basheer-ud-Din Mahmood Ahmad. Pada 28 Oktober 1966 Mirza Nasir Ahmad meletakkan dasar untuk Masjid-e-Aqsa. Masjid-e-Aqsa adalah masjid terbesar keempat belas di dunia.




13. Masjid Negara, Malaysia



Masjid Negara adalah Masjid nasional Malaysia, yang terletak di Kuala Lumpur. Masjid Ini memiliki kapasitas 15.000 orang dan terletak diantara 13 hektar (53.000 m2) dengan taman yang indah. Struktur asli dirancang oleh tim tiga orang dari Departemen Pekerjaan Umum - Inggris arsitek Howard Ashley, dan Malaysia Hisyam Albakri dan Baharuddin Kassim. Fitur utamanya adalah menara dengan 73 meter-tinggi dan 18 atap bintang yang merujuk ke  bangunan utama. Ada satu hal yang unuik, yaitu Kubah yang berbentuk seperti Payung. Payung ini identik dengan daerah tropis. Masjid Negara yang dikenal sebagai masjid terbesar ketiga belas di dunia.



12. Masjid Id Kah, Cina



Id Kah Masjid adalah sebuah masjid yang terletak di Kashgar, Xinjiang, di sebelah barat Republik Rakyat China. Ini adalah masjid terbesar di Cina dan masjid terbesar kedua belas di dunia. Setiap Jumat hampir 10.000 jamaah dapat tertampung hingga 20.000 jamaah. masjid ini dibangun oleh Mirza Saqsiz di ca. 1442 dan memiliki luas sekitar 16.800 meter persegi.





11. Masjid Agung Sultan Qaboos, Oman



Pada tahun 1992 Sultan Qaboos diarahkan bahwa negaranya Oman harus memiliki Masjid Agung. Sebuah kompetisi untuk desain terjadi pada tahun 1993 kemudian setelah itui dipilihlah  kreasi dari Bausher dan dimulai pengerjaannya pada tahun 1995. Masjid ini dibangun dari 300.000 ton batu pasir India yang menjadikannya masjid terbesar kesebelas di dunia. Luas tempat sholatnya berbentuk persegi (74,4 x 74,4 meter) dengan kubah pusat yang naik hingga ketinggian lima puluh meter di atas lantai. Kubah dan menara utama (90 meter) dan empat menara mengapit (45,5 meter) adalah fitur utama masjid visual ini.



10. Baitul Mukarram, Bangladesh



Baitul Mukarram adalah masjid nasional Bangladesh. Terletak di jantung Dhaka, ibukota Bangladesh, masjid ini didirikan pada tahun 1960-an. Masjid ini memiliki kapasitas 30.000 jamaah yang memberikan posisi terhormat menjadi masjid terbesar ke-10 di dunia. Namun masjid ini terus semakin penuh sesak. Hal ini terutama terjadi selama bulan suci Ramadhan, yang mengakibatkan pemerintah Bangladesh harus menambahkan ekstensi masjid, sehingga meningkatkan kapasitas untuk setidaknya 40.000.



9. Masjid Jama, Delhi, India



Masjid Jama umumnya dikenal sebagai Masjid Jama Delhi yang merupakan masjid utama Delhi di India. Masjid ini diperintahkan untuk dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan, pembangun Taj Mahal, dan selesai pada tahun 1656 Masehi. Kemudian Masjid ini dikenal sebagai masjid terbesar dan paling terkenal di India serta masjid terbesar kesembilan di dunia. Banguan suci ini terletak di jalan sentral yang sangat sibuk di Old Delhi, Chandni Chowk. Bisa di lihat dari foto bahwa halaman masjid ini sangat luas sehingga bisa menampung hingga dua puluh lima ribu jamaah.



8. Sheikh Zayed Mosque



Masjid Sheikh Zayeddi di Abu Dhabi merupakan masjid terbesar di Uni Emirat Arab dan masjid terbesar kedelapan di dunia. Nama dari Masjid ini sendiri diambil dari salah seorang yang sangat berpengaruh di UEA, yaitu Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, pendiri dan Presiden pertama Uni Emirat Arab, yang juga dimakamkan di sana. Masjid ini secara resmi dibuka pada bulan Ramadhan tahun 2007.



7. Masjid Badshahi, Lahore, Pakistan



Masjid Badshahi atau 'Masjid Kaisar' di Lahore merupakan masjid terbesar kedua di Pakistan dan Asia Selatan dan mesjid terbesar ketujuh di dunia. Masjid ini mampu menampung 10.000 jamaah di ruang utama dan 100.000 lebih lanjut dalam halaman dan portico. Masjid ini sempat  menjadi masjid terbesar di dunia 1673-1986 (jangka waktu 313 tahun), ketika dikalahkan dalam ukuran oleh penyelesaian Faisal Masjid di Islamabad. Hari ini, ia tetap menjadi masjid terbesar kedua di Pakistan dan Asia Selatan dan mesjid terbesar ketujuh di dunia.



6. Faisal Masjid, Islamabad, Pakistan



Masjid Faisal di Islamabad merupakan masjid terbesar di Pakistan dan Asia Selatan dan mesjid terbesar keenam di dunia. Ini adalah masjid terbesar di dunia 1986-1993 ketika dikalahkan dalam ukuran oleh penyelesaian Masjid Hassan II di Casablanca, Maroko. ekspansi selanjutnya dari Masjid Al-Haram (Masjid Agung) dari Mekah dan Al-Masjid al-Nabawi (Masjid Nabi) di Madinah, Arab Saudi selama tahun 1990-an diserahkan Faisal Masjid untuk tempat keempat dalam hal ukuran. Faisal Masjid dipahami sebagai Masjid Nasional Pakistan. Ini memiliki luas tertutup 5.000 m2 (54.000 kaki persegi) dan memiliki kapasitas untuk menampung sekitar 300.000 jamaah (100.000 dalam doa halaman utama aula, dan portico dan satu lagi 200.000 dalam dasar sebelah nya).



5. Masjid Hassan II, Moroco



Terletak di Casablanca merupakan masjid terbesar di Maroko dan masjid terbesar kelima di dunia. Dirancang oleh arsitek Perancis Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygues . Masjid ini berdiri di sebuah tanjung yang menghadap ke  Samudra Atlantik, yang dapat dilihat melalui lantai kaca raksasa dengan ruang untuk 25.000 jamaah. Sekitar 80.000 orang dapat ditampung di dasar yang berdampingan dengan masjid untuk total 105.000 jamaah hadir pada waktu tertentu di masjid Hassan II. Yang paling menari dari Masjid ini yaitu menara tertinggi di dunia setinggi 210 m (689 kaki).



4. Masjid Istiqlal



Masjid Istiqlal di Jakarta, Indonesia merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara dalam hal kapasitas untuk menampung orang. Namun dalam hal struktur bangunan dan tutupan lahan, Istiqlal merupakan yang terbesar di Asia Tenggara dan keempat terbesar di dunia. Masjid ini merupakan Masjid Basional Indonesia yang dibangun untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, sebagai bangsa rasa syukur untuk berkat Tuhan atas kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu masjid ini dinamai "Istiqlal" yang berarti "Kemerdekaan".



3. Imam Reza Shrine



Imam Reza Shrine di Masyhad, Iran adalah sebuah kompleks yang berisi makam Imam Ridha, Imam kedelapan Syiah Imamiyah dan dikenal sebagai masjid terbesar ketiga di dunia. Kompleks ini meliputi: Masjid Goharshad, museum, perpustakaan, empat seminari, kuburan, Universitas Islam Razavi Ilmu, sebuah ruang makan bagi para peziarah, ruang doa yang luas, dan bangunan lainnya.



2. Al-Masjid al-Nabawi



Al-Masjid al-Nabawi ("Masjid Nabi"), yang sering disebut sebagai Masjid Nabi, masjid yang terletak di kota Madinah merupakan tempat peristirahatan terakhir Nabi Muhammad. Kemudian dianggap tempat paling suci kedua dalam Islam oleh Syiah dan Sunni Muslim (yang pertama adalah Masjid Al-Haram di Mekkah) dan merupakan masjid terbesar kedua di dunia.



1. Masjid Al-Haram, Mekkah, Arab Saudi



Masjid Al-Haram merupakan masjid terbesar di dunia. Terletak di kota Mekah, Masjid yang mengelilingi Ka'bah ini adalah tempat dimana semua umat muslim di dunia menunaikan salah satu rukun islam, yaitu Ibadah Haji. Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Agung. Struktur dari Masjid saat ini mencakup area seluas 4.008.020 meter persegi (990,40 hektar) termasuk ruang berdoa outdoor dan indoor dan dapat menampung sampai dengan empat juta jamaah Muslim selama periode haji, salah satu pertemuan tahunan terbesar orang-orang di dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

30 Karya Fotografi Siluet Yang Keren

Dalam fotografi , siluet   didefinisikan   sebagai garis   yang muncul dan berwarna  gelap   dengan latar belakang   cahaya.   Ini menghasilkan  sebuah  hasil yang sangat   mengesankan dan   akan dianggap   sebagai pilihan terbaik  ketika   seniman   ingin   menyampaikan   drama, dan   emosi dalam  foto-fotonya .   Bagian belakang - pencahayaan   dari   segala  bayangan   matahari   ke arah kamu   dan menghasilkan   efek ini. Strategi dasar   Anda harus   mempekerjakan dalam   mengambil gambar   siluet   adalah untuk menempatkan   subjek di   depan beberapa   sumber   cahaya dan   kamera   untuk mendorong   Anda untuk membuat   pandangannya   yang didasarkan   pada bagian  terang dari   gambar Anda. Berikut ini kami tampilkan koleksi karya-karya terhebat yang menjelaskan konsep tentang siluet. Silakan dinikmati atau mungkin bisa kamu donlod dan dijadikan wallpaper dekstop kamu hehe.

10 Seniman Dengan Bayaran Tertinggi 2010

Apa yang diperlukan untuk menjadi salah satu musisi dengan bayaran tertinggi di tahun 2010? yupp !! sebuah konsistensi karir mereka, hampir setengah dari seniman yang ada dalam daftar berikut adalah musisi - musisi yang telah lama berkiprah di dunia seni dan kembali muncul kepermukaan bersaing dengan para pendatang baru. Sebuah pertunjukkan seni bisa dikatakan sukses atau berhasil itu tergantung dari siapa yang perform di acara itu. Berikut 10 seniman dengan bayaran tertinggi di tahun 2010. 10. Black Eyed Peas $48 million Sejak terjun ke dunia seni di awal tahun 2000-an, Black Eyed Peas telah di undang dimana - mana dari acara Super Bowl pre-game sampai ke diskusi politik di CNN. Sebuah tur keliling dunia dimulai dari swiss ke meksiko  dengan meraup sekitar $ 800,000 dalam semalam.  9. Kenny Chesney $50 million Chesney kembali melanjutkan karirnya dalam industri musik Country dengan melakukan berbagai kegiatan tur. Pada tahun 2009 lalu Chesney mendapatkan $ 71 juta dan sekitar $

Beasiswa D2, D3, dan S1 ke Jepang 2013/2014

Akhirnya beasiswa D2, D3, dan S1 untuk tahun ajaran 2013/2014 kembali dibuka juga. Akhir-akhir ini, kita paling sering mendapat pertanyaan seputar beasiswa ke Jepang ini, apakah tahun ini kembali dibuka, apakah rutin diadakan setiap tahunnya, dll. Sempat bikin kita ketar-ketir juga, soalnya tanggal pembukaan beasiswa ini sedikit mundur dari tahun kemarin. Padahal program yang rutin diadakan oleh Pemerintah Jepang setiap tahunnya ini merupakan beasiswa favorit teman-teman, terlihat dari banyaknya jumlah pertanyaan setiap kali ada informasi seputar beasiswa ini. Persyaratan Umum Lahir antara 2 April 1991 dan 1 April 1996 Lulus SMA dengan nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir minimal: 8,4 untuk jenjang S1 8,2 untuk jenjang D3 8,0 untuk jenjang D2 Program Studi Pilihan D2 mana masa belajar adalah 2 tahun (termasuk belajar bahasa Jepang selama 1 tahun). Civil Engineering and Architecture; Electrical and Electronic Engineering; Wireless Communicatio