Senin, 09 Agustus 2010

Home » , , » Nama – nama Badai, Cantik tapi Berbahaya

Nama – nama Badai, Cantik tapi Berbahaya

Posted by Ahmad Fajar on 14.54 0 komentar

Katrina, Rita dan Wilma emang nama yang indah. Tapi kalau dikaitin ama badai atau topan, wah mengerikan banget.


Beberapa waktu lalu, bagi yang suka nonton tv, pasti sering lihat musibah badai yang Rata Penuhmenewaskan banyak orang dan menghancurkan gedung – gedung. Enggak cuma di Amerika tapi juga di Cina, Meksiko dan banyak negara lain. Lucunya nih, nama badai itu cantik – cantik.

Ada Badai Katrina yang tempo hari menghancurkan wilayah New Orelans di Amerika. Setelah itu Badai Rita yang menghantam Texas dan sekitarnya. Belum lagi badai di Cina dan Jepang yang ngak kalah ganas.

Siapa sih yang menamai badai itu? Kenapa pula diberi nama cewek yang kayaknya cakep – cakep. Masa sih cewek cakep bisa jadi ganas dan mematikan? Ternyata sejarah pemberian nama badai tuh panjang ceritanya.

Sebelum tahun 1900

Sejak ratusan tahun badai yang muncul di wilayah Amerika diberi nama orang-orang suci (santo). Hal itu ditulis oleh Ivan R. Tannehil di bukunya yang berjudul Hurricanes. Contohnya badai Santa Anna yang menghantam Puerto Riko, 26 Juli 1825. Lalu pada 13 September 1876, Badai san felipe kembali menyerang Puerto Riko. Tapi di Australia kabarnya nama wanita udah dipakai untuk menyebut sebuah badai sebelum Abad ke-19.

Setelah tahun 1900

Meski udah dipakai sejak awal tahun 1900-an, tapi nama wanita dalam badai baru tercatat tahun 1940-an. Tepatnya ketika novel yang ditulis George R Steward, Storm, menyebut-nyebut nama wanita. Sejak Perang Dunia II, pemakaian nama wanita semakin luas.

Pada tahun 1953, Amerika memakai urutan abjad untuk menyebut nama badai baru. Misalnya Badai Able, Baker, Charlie, dan seterusnya. Nama wanita masih tetap dipakai. Tahun 1978, nama wanita engak lagi jadi satu-satunya yang dipakai, tapi dicampur dengan nama pria. Itu terus berlanjut sampai sekarang.

Nama-nama badai Atlantik tahun 2005

Arlene, Bret, Cindy, Dennis, Emily, Franklin, Gert, Harvey, Irene, Jose, Katrina, Lee, Maria, Nate, Ophelia, Philippe, Rita, Stan, Tammy, Vince, Wilma

Nama-nama Badai Pasifik Tahun 2005
Adrian, Beatriz, Calvin, Dora, Eugene, Fernanda, Greg, Hilary, Irwin, Jova, Kenneth, Lidia, Max, Norma, Otis, Pilar, Ramon, Selma, Todd, Veronica, Wiley, Xina, York, Zelda.


0 Responses so far:

Leave a Reply

Ayo utarakan saran atau tambahan atau bahkan kritik lewat Komentar