Senin, 17 Mei 2010

Home » 5/17 DailySocial

5/17 DailySocial

Posted by Ahmad Fajar on 12.23 0 komentar

Please add updates@feedmyinbox.com to your address book to make sure you receive these messages in the future.
DailySocial Feed My Inbox

Alogaritma Baru Trending Topic Twitter
May 17, 2010 at 8:24 AM

Kalau anda aktif di Twitter dan juga salah satu pendukung tim bulu tangkis Indonesia di Thomas Cup, yang penayangan babak finalnya disiarkan kemarin secara langsung di televisi, mungkin anda sempat memperhatikan, bahwa Indonesia kembali menjadi ‘raja’ di Trending Topic Twitter.

Kalau melihat sejarah tentang ‘kejayaan’ topik dari Indonesia, memang ini bukan yang pertama, tapi sejak ada perubahan alogaritma dari Twitter  yang diumumkan oleh Twitter beberapa hari yang lalu, sepertinya juga turut berpengaruh pada kemunculan tidak hanya satu tapi lebih dari tiga, bahkan dari twitterverse saya melihat ada yang mencatat lebih dari 5 Trending Topic asal Indonesia, dan semuanya berhubungan dengan Thomas Cup.

Twitter melakukan perubahan alogaritma untuk Trending Topics dari yang dulunya mengidentifikasi topik yang telah menjadi populer sehari-harinya, kini alogaritma yang baru akan mengindentifikasi topik-topik yang dengan cepat menjadi populer, yang berarti sedang dibicarakan olah banyak user di Twitter’.

Twitter yang berisi data realtime, yang digunakan untuk membangun percakapan, berbagi informasi baik itu link atau gambar adalah tentang apa yang terjadi saat ini, dan Trending Topic pun sudah selayaknya meng-capture itu semua, dengan parubahan ini Twitter kini berusaha untuk membuat Trending Topic menjadi relevan kembali dan berusaha membuatnya menangkap apa yang tengah menjadi topik, yang bukan hanya ‘paling’ banyak dibicarakan tapi yang ’sedang’ banyak dibicarakan di seluruh dunia.

Contoh yang paling mencolok, adalah trending topic ‘abadi’ Justin Beiber, yang menghilang dari posisi sebagai trending topic abadi. Saya sendiri sempat bertanya-tanya mengapa Justin Beiber ini kok bisa muncul terus di trending topic, dan merasa terganggu karena Trending Topic tidak lagi bisa memberikan data tentang apa yang sedang terjadi saat ini atau setidaknya tidak terlalu jauh dari berbagai peristiwa penting di twitterverse.

Namun dengan alogaritma baru ini, setidaknya ada harapan baru akan fitur Trending Topic untuk kembali bisa memberikan data yang cukup relevan dan membari gambaran lebih baik tentang berbagai peristiwa yang sedang terjadi di seluruh dunia.

Twitter juga memberikan catatan tambahan bahwa alogaritma yang baru ini tidak menghalangi topik apapun untuk bisa menjadi Trending Topic serta menjelaskan bahwa perubahan ini merupakan perkerjaan yang masih dalam tahap proses, yang berarti masih belum sempuran dan masih akan terus berkembang. Seperti saat tulisan ini ditulis, meskipun Justein Beiber hilang dari daftar Trending Topics, tapi kini muncul Bieber Trend dan #letbiebertrend yang masih sama, membahas Justin Beiber.

Jadi, topik yang berkaitan tentang Thomas Cup yang berasal dari Indonesia, apakah itu yang membicarakan topik Markis Kido, atau menggunakan hastag Thomas Cup, menjadi Trending Topic dikarenakan bukan hanya user Indonesia yang banyak melakan tweet, tapi juga memang peristiwa itu sedang terjadi atau setidaknya banyak orang yang membicarakan topik tersebut karena eventnya sedang berjalan.

Trending Topisc sebenarnya sangat membantu untuk mencari dan mendapatkan berbagai topik yang sedang terjadi di belahan dunia mana pun, namun, seperti yang ditulis Mashable nilai dari Trending Topics semakin menurun, tapi dengan perubahan alogaritma ini, semoga saja bisa membuat Trending Topic menjadi lebih relevan kembali.

Bagimana pendapat anda, apakah anda merasakan perubahan alogaritma dari Twitter atas Trending Topics?  Apkah mungkin perubahan alogaritma ini bisa membantu Trending Topics menjadi lebih baik?. Mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Thanks to @anakcerdas untuk screenshot Trending Topic.

 

Siap-siap, Fowab #2 Akan Segera Hadir!
May 17, 2010 at 8:20 AM

Setelah sukses menggelar Fowab yang pertama, event yang diperuntukkan bagi para pegiat IT ini akan kembali hadir. Event yang digagas oleh iCreativelabs, Chocaholic, Gagas Imaji, RaveWarrior, Galenic dan ThinkRooms ini akan hadir dengan tema dan pembicara-pembiacara yang sangat menarik.

Untuk acara kali ini, Fowab #2 mengambil tema ‘Monetizing The Net’ dan sub tema ‘Unlock The Secret, Unleash Your Creativity’. Acara akan diselenggarakan pada tanggal 21 Mei 2010, bertempat di S28, Jalan Sulanjana No.28 Bandung, pukul 18.00-22.00 WIB.

Sedikit gambaran tentang wawasan apa saja yang akan dibagikan di Fowab#2 ini, berikut penjelasan yang dari situs resmi mereka:

Peluang mendapatkan uang di internet sangat banyak. Sejumlah pebisnis online telah membuktikannya, berpenghasilan hingga ratusan juta rupiah per bulan. Sayang, tidak semua orang tahu trik menemukan dan menjaring peluang itu.

FOWAB rela berbagi semua triknya dengan kamu.

Tenang, ini bukan MLM. Kami manusia kreatif yang hobi berinovasi dengan teknologi internet dan aplikasinya, bukan pemburu downline.

Lalu, siapa saja yang akan datang di acara tersebut, ada 4 pembiacara utama yaitu Andi Sikumbang (Template Plaza), Danny Oei Wirianto (Kaskus), Brian Arfi (pernik Muslim) serta Ricky (Publisher Google AdSense). Masih belum cukup, pada Fowab #2 kali ini akan ada segmen baru bernama ‘10 by 10′ di mana siapa saja bisa mempresentasikan ide, keahlian, kemampuan, pangalaman atau berbagai info yang anda punya, tentunya yang berkaitan dengan dunia web. 10 by 10 berarti 10 slide dalam 10 menit.

Selain itu ada juga segmen Hire Me! yang diperuntukkan bagi mereka yang mencari pekerjaan dalam dunia web atau bagi para ‘bos’ yang juga membutuhkan para pekerja kreatif.

So, tunggu apa lagi, anda bisa langsung menuju situs mereka di fowab.org dan melakukan pendaftaran, melihat berbagai informasi lain, seperti persyaratan segmen 10 by 10, dan juga bisa melihat daftar konsumsi seperti apa yang akan tersedia di sana. :D

Kalau masih penasaran tentang apa itu Fowab dan ingin melihat liputan tentang acara mereka yang pertama, anda bisa cek liputan lengkap dari DailySocial di sini, Saya, juga Rama akan berada di sana, jadi kalau ada yang penasaran sama wajah kita-kita, nanti bisa ketemu dan ngobrol-ngobrol di sana.

Oh ya, selain itu bakal ada juga berbagai info tentang SparxUp Award 2010, so be there, socializing dan get the knowledge.

 

This email was sent to simps_sfc.woww@blogger.comCreate an Account
Don't want to receive this feed any longer? Unsubscribe here
This email was carefully delivered by Feed My Inbox. 230 Franklin Road Suite 814 Franklin, TN 37064


0 Responses so far:

Leave a Reply

Ayo utarakan saran atau tambahan atau bahkan kritik lewat Komentar